Muster Point (Assembly Point)

Mungkin sudah banyak yang tau apa yang dimaksud dengan Muster Point (Assemby Point). Bagi yang belum silakan disimak ya… :) <saya juga termasuk yang telat tau :p>

Di kota-kota besar sering dapat kita jumpai papan pengumuman seperti rambu lalu lintas, atau dipasang ditembok dengan ciri khas biasanya berwarna dasar hijau dengan tulisan muster point (variasinya gambar lingkaran, gambar orang berpegangan tangan, lambang beberapa panah menuju satu titik dll) seperti berikut:

Maksud dari papan simbol ini yakni sebagai area berkumpul jika terjadi suatu kegawatdaruratan (bencana alam atau yang bukan). Ada empat klasifikasi bahaya, mengancam jiwa, mengancam kesehatan, mengancam properti, atau mengancam lingkungan. Kegawatdaruratan di sini lebih tepatnya yang mengancam jiwa.

Muster Point ini juga ga sembarangan menentukan letaknya. Jadi ada beberapa pertimbangan, secara umum: berjarak cukup jauh dan aman dari jatuhan dan bahaya lainnya,  lokasinya memiliki akses menuju tempat yang lebih aman serta tidak menghalangi kendaraan penanggulang keadaan bahaya,bebas dari kemungkinan adanya bahaya lain, diuji secara periodik dengan situasi aktual, namun dilengkapi dengan perhitungan empiris.

Muster point juga menyediakan space (30×30)cm2 buat satu orang (tanpa melihat ukuran gendut/kurusnya) dan dengan tinggi 2 m (minimum) atau lebih tinggi. Ini dikalikan jumlah orang yang mampu ditampung dalam muster point tersebut sehingga didapat jumlah luas minimal assembly/muster point yang dibutuhkan. Beberapa bangunan instansi pemerintahan dan perusahaan swasta ada yang menetapkan space per orang (35×35) s/d (45×45)cm2.

Jadi suatu waktu misal Anda berada di Bank atau Kantor Pos atau gedung-gedung lainnya yang memiliki muster point, saat terjadi bencana diharapkan sudah tidak bingung dan dapat segera menuju ke muster point untuk evakuasi. :)

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Emergency_evacuation

http://en.wikipedia.org/wiki/Emergency

http://groups.yahoo.com/group/K3_LH/message/35349

About these ads

9 comments on “Muster Point (Assembly Point)

  1. Cahya says:

    Tapi biasanya di negeri ini, kalau bencana, sudah panik duluan :).

  2. [...] Sumber: http://fajarichwannoor.wordpress.com/2011/09/12/muster-point-assembly-point/ Share this:ShareFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. [...]

  3. tedong says:

    Jadi bingung nih. Apakah ini maksudnya tempat berkumpul orang yang berukuran super mini? 30cm2 artinya luas bidang persegi dengan 5,5cm setiap sisinya. Dan itu berarti, untuk setiap 1m2 bisa memuat 333 orang, hi, hi, hi…….

    • @tedong: itu hanya sekedar ilustrasi saja dan perhitungan secara teori. Logikanya di lapangan setiap orang punya ukuran tubuh (lebar, tinggi dan berat badan) yang berbeda. Tapi kalau diambil rata-ratanya (mean), ukuran segitu dianggap cukup. Hanya saja yang harus dipikirkan, saat berkumpul di muster point dalam kondisi panic attack, mau area seluas apapun tetap ga akan cukup kalau rusuh. That’s why biasanya sudah ada person in charge (PIC) yang tugasnya menenangkan orang-orang di muster point saat terjadi suatu musibah.

    • denny says:

      Mungkin maksudnya 30×30 masbro.. jd dlm 1m2 jadi bisa muat 11 orang

  4. Yudi088 says:

    Setuju mas Ichwan..sudah saatnya di indonesia belajar membenahi diri dan pemerintah perlu sosialisasi ke rakyatnya…kelihatannya sudah berjalan namun baru beberapa lokasi yang benar-benar rawan bencana, diharapkan tidak hanya di daerah rawan bencana..thanks infonya mas..

  5. dasar hukum yg mengatur tentang persyaratan assembly point ini apa ya? mohon infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s