Turtle and Tortoise

Beberapa orang mungkin ada yang masih bingung tentang perbedaan istilah turtle & tortoise (penyu & kura-kura). Bahkan di beberapa negara di dunia, seperti di Australia dan Jerman, hanya ada satu penamaan buat dua spesies tersebut. Di Indonesia pun sering dicampuradukkan penggunaan istilah tersebut. We’ll see next.

spiny terrapin

 Turtle, tortoise, dan terrapin termasuk ke dalam divisi reptil yang disebut chelonian. Chelonia berasal dari bahasa latin untuk tortoise. Namun kebanyakan para ilmuwan dan orang awam menggunakan istilah turtle untuk semua jenis penyu dan kura-kura. Lantas kalau begitu untuk apa dibedakan penamaannya? Pembedaan istilah tersebur merujuk pada di mana species tersebut hidup dan bagaimana mereka menggunakan habitat mereka.

Turtle (penyu) –> menghabiskan hampir seluruh hidupnya di air, memiliki kaki yang pipih dan dapat digunakan untuk berenang, bentuk tempurung pipih, kontur body streamline dan cenderung gepeng.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tortoise (kura-kura) –> hidup di daratan mulai dari tanah yang biasa hingga berpasir, memiliki kaki yang besar, kuat, bersisik, dan berkuku yang digunakan untuk menggali tanah dan bebatuan, bentuk tempurung menyerupai kubah dan besar sehingga bisa digunakan untuk menyembunyikan kepala dan ekstremitasnya, kontur body gemuk dan besar.

turtle1

Sebenarnya terdapat lagi satu jenis spesies dalam ordo chelonia yakni terrapin. Terrapin ini memiliki bentuk peralihan dari kura-kura dan penyu, bahkan habitat dan cara hidupnya pun berada di peralihan. Terrapin dapat hidup di darat dan air, umumnya ditemukan di sepanjang sungai, danau, maupun rawa-rawa.

baby-terrapin-yellow-bellied-slider-trachemys-scripta-scripta--1388-p

Tempurung chelonia

Tempurung penyu dan kura-kura cukup keras sebagai media proteksi, terbentuk dari 59 hingga 61 tulang yang dilapisi oleh scutes. Seperti tulang manusia, tempurung chelonia merupakan bagian dari rangka. Chelonia tidak dapat keluar dari tempurungnya karena terdapat perlekatan seperti pada rib cage dan spine process di tubuh manusia. Chelonia dapat merasakan getaran melalui tempurungnya sama seperti manusia dapat merasakan getaran melalui kukunya. Beberapa jenis chelonia dapat masuk ke dalam tempurungnya. Untuk menciptakan ruangan ekstra, mereka mengekshalasi udara dari dalam paru-parunya, sehingga terdengar seperti suara wheezing pada orang asthma.

Indera Chelonia

Chelonia tidak memiliki telinga, namun mereka dapat merasakan getaran dan perubahan tekanan di air dengan sangat baik. Ini sangat bermanfaat untuk menghindari predator dan untuk mencari makanan. Bahkan hingga saat ini beberapa jenis penyu masih tidak dimengerti sistem indera dan instingnya oleh para ilmuwan. Mereka memiliki sistem pelacak di mana walaupun telah beribu mil mengarungi lautan lepas, mereka dapat kembali ke pantai yang sama setiap 2 atau 3 tahun untuk menetaskan telur.

Makanan Chelonia

Kebanyakan chelonia baik penyu maupun kura-kura merupakan omnivora. Mereka makan tumbuh-tumbuhan dan hewan seperti bekicot, cacing, ikan, atau insekta. Sebagian yang strict herbivora, dapat memakan tanaman berdaun, bunga, buah, bahkan kaktus. Ajaibnya mereka tidak mempunyai gigi. Namun tepi mulutnya keras dan tajam dan dapat digunakan untuk mengigit dan menghancurkan.

diamond-back-terrapin-with-baby-northern-rose

Nah, back to the opening… Waktu masih kecil saya selalu menantikan jam tayang TMNT (Teenage Mutant Ninja Turtle) atau kura-kura ninja. Hingga SD saya selalu bingung kenapa digunakan istilah kura-kura bukan penyu-penyu ninja. Padahal turtle berarti penyu. Menurut pembaca siapa yang keliru? Istilah Indonesia atau Inggrisnya? ^_^

Characters of TMNT

  • Leonardo (Blue) — Pemimpin yang berani, matang dalam mengambil keputusan, dan cinta akan ilmu bela diri. Rasa keadilan dan kesetiaannya sangat tinggi. Senjata katana. Etimologi nama –> Leonardo da Vinci
  • Raphael (Red) — Memiliki sifat sosial yang paling buruk, agresif, namun kadang  ragu untuk melemparkan tinju pertama. Petarung yang intense. Personalita buas dan sarkastik. Senjata Sai. Etimologi nama –> Raphael Sanzio
  • Michelangelo (Orange) — Easy-going dan tenang, memiliki sifat petualang dan kreatif. Senjata Nun chaku. Etimologi nama Michelangelo Buonaroti
  • Donatello (Purple) — Ilmuwan yang brilian, penemu, pekerja, dan jenius dalam bidang teknik. Menggunakan bo. Etimologi nama Donatello.

Sumber:

http://www.wisegeek.com/what-is-the-difference-between-a-turtle-and-a-tortoise.htm

http://www.sandiegozoo.org/animalbytes/t-turtle.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Teenage_Mutant_Ninja_Turtles

http://www.angelfishaquatics.co.uk/ekmps/shops/apd01/images/baby-terrapin-yellow-bellied-slider-trachemys-scripta-scripta–1388-p.jpg

http://www.ecologyasia.com/images-stu/spiny-terrapin_5973.jpg

http://www.jackies-attic.co.uk/ekmps/shops/jackieattic/images/diamond-back-terrapin-with-baby-northern-rose–1443-p.jpg

melinabeachturtlehatchery.files.wordpress.com/2010/07/turtle4.jpg

4.bp.blogspot.com/-EkRiRnCTSus/UZ63hJUhvUI/AAAAAAAAKV8/1MiZhwRALE4/s1600/turtle1.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s