Perbedaan Capacitive & Resistive Touchscreen

Saat ini banyak perangkat elektronik pribadi a.k.a gadget, khususnya Handphone menggunakan touchscreen. Ada dua jenis (sebenarnya banyak) tipe touchscreen yang saat ini menggempur pasaran, capacitive & resistive.

Jadi apa bedanya?

1. Cara Kerja

Capacitive : bekerja dengan cara mengukur interaksi antara sinyal elektrik pada transparent grid di atas layar dan jari tangan pengguna

capacitive
Resistive : bekerja dengan cara memanfaatkan dua lapisan tipis transparan di atas layar dan mengukur perbedaan resistensi antara kedua lapisan saat disentuh

resistive

2. Kelebihan dan kekurangan

Capacitive : sangat ‘smooth’ untuk dioperasikan karena hanya membutuhkan keberadaan jari tangan, tanpa tekanan. Tampilan layarnya memiliki kejernihan hingga sekitar 90% dan bila terkena paparan sinar matahari tidak mempengaruhi kualitas tampilan. Namun kelemahannya adalah tidak mendukung penggunaan stylus. Terlebih lagi jenis layar sentuh yang ini tidak bisa digunakan sama sekali saat menggunakan sarung tangan/hand schöen.
Hal ini cukup menyulitkan para pendaki gunung, orang-orang yang hidup di suhu dingin atau ekstrim dingin; tenaga medis yang stand by saat sedang mengenakan hand schöen; orang yang memelihara kuku panjang untuk fashion atau memainkan suatu jenis alat musik tertentu dsb karena penggunaan kuku tidak bisa pada jenis capacitive; orang yang senang metode input text tertentu seperti handwriting menggunakan stylus; dan rider atau backpacker yang berkelana dengan sepeda motor karena tidak efisien bila harus membuka sarung tangan terlebih dahulu untuk menerima telepon, atau melihat ‘map’ (navigasi) di layar saat berkendara.

Resistive : sensitif terhadap tekanan, mendukung penggunaan stylus, plectrum, dan benda sejenisnya. Tidak ada pengaruh walaupun menggunakan sarung tangan yang tebal. Lebih murah dibuat namun tidak mendukung multi finger touch (jika pengguna menyentuh layar dengan lebih dari 1 jari, gadget tidak bisa menentukan posisi sentuh dengan akurat). Tampilan layarnya tidak sejernih jenis capacitive. Pada beberapa gadget terbaru sistem resistive sudah dimodifikasi dengan adanya kinetic scrolling sehingga memudahkan proses geser halaman seperti pada sistem capacitive i-phone.

Contoh gadget capacitive –> i-phone, blackberry storm, HP android google, motorola milestone, LG GD-900,LG arena KM900, LG new chocolate BL40, sony ericsson aino, samsung corby S3653, HTC droid eris, HTC magic

Contoh gadget resistive –> nokia 5800 XM, nokia n97, nokia tablet n900, nokia 5230, nokia 5530 XM, samsung star, samsung jet S8003, sony ericsson Xperia X1 & X2,  LG renoir KC910, HTC touch viva, HTC touch diamond, HTC touch cruise, HTC touch pro, Dopod 838 pro, O2 XDA flame

resistive2

So, yang mana pilihan Anda? Saya pribadi doyan yang resistive… ^^ <~~ ini artikel lawas saya di tahun 2010. Saat itu sy doyan resistive. Tapi sekarang capacitive lebih menyenangkan karena sudah menjadi standard. Sementara resistive sudah mulai ditinggalkan.

Advertisements

83 comments on “Perbedaan Capacitive & Resistive Touchscreen

  1. angel says:

    jadi initinya nih untuk jaman yang udah modern gini mending pake resistive atau capasitive?

  2. androiders says:

    Teknologi layar sentuh terbaik?
    Teknologi layar sentuh yang lebih
    mutakhir sekarang sedang dalam
    proses pengembangan. Setiap
    teknologi layar sentuh memiliki
    kekurangan dan kelebihan masing-
    masing, namun teknologi layar
    sentuh kapasitif menjadi standar
    industri untuk saat ini dikarenakan
    tahan terhadap gangguan debu,
    daya tahan lebih lama, dan gambar
    yang dihasilkan lebih tajam.

    http://efendybloger.blogspot.com/2012/12/Bagaimana-Cara-Kerja-Layar-Sentuh-Touch-Screen.html?m=1

    hehe

  3. rizki wahyudi says:

    bang numpang tanya..
    misal na kite udah pake yang capacitive trus ganti ke resistif bisa gak bang,..??
    sebelum nya mksh atas respon nya,,!

    • kalau yang dimaksud ganti pada gadget yang sejenis ga bisa. Karena itu sifatnya hardware. kalau maksudnya berpindah haluan dari capacitive ke resistif tinggal beli aja gadget yang masih menggunakan layar resistif.

  4. daus123 says:

    Mau nnya nh gan yg dimaksud (Layar hanya support 2 point multitouch) itu mkssnya apa ya gan??? Trma kasih bnyak

    • artinya layar cuma mendukung 2 titik fokus sentuhan yang berbeda. Simpelnya kalau menggunakan jari cuma bisa 2 jari. Ada layar yang bisa sampai 10 titik sentuhan. Rata2 pada gadget smartphone terbaru di kisaran 5 titik sentuhan.

  5. evanadhi says:

    makasih infonya gan…ane mau tanya asus zenfone 2 laser masuknya apa ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s