Sistem Ikatan / Pernikahan di Perancis

Negara perancis terkenal dengan semboyan Liberté, Fraternité & Égalité (yang berarti Kebebasan, Persaudaraan & Persamaan) Mengacu pada kata liberté yang berarti kebebasan, terdapat kebebasan dalam hubungan antara dua orang yang saling mencintai untuk memilih dan memutuskan jenis ikatan hubungan mereka (sangat berbeda dengan budaya kita di Indonesia).

Macam-macam ikatan hubungan tersebut yakni :
1. Le Mariage. –> Pernikahan. Merupakan pilihan terbanyak di mana pasangan memilih menikah di depan catatan sipil terlebih dahulu kemudian menikah secara hukum agama (di gereja dsb). Umumnya pasangan tersebut menikah setelah menjalani periode panjang “cohabitation” (penyesuaian bersama) dan umur pria menikah rata-rata 29 tahun, sedangkan yang wanita 27 tahun. Tujuan pernikahan kebanyakan orang di perancis berbeda dengan apa yang menjadi tujuan pernikahan kita sebagai orang-orang dengan budaya timur. Beberapa di antaranya adalah untuk meregularisasi situasi anak di luar nikah (akan dibahas lebih lanjut di postingan berikutnya), dan juga untuk mendapatkan keuntungan fiskal maupun yuridis.

2. L’union libre. Secara etimologi kata union berarti bersatu, sedangkan libre berarti bebas. Kalau di-Indonesia-kan artinya jadi “kumpul kebo”. Ini juga merupakan mode pilihan terbanyak lainnya. Berkembang sejak tahun 1970 dan saat ini sudah mencapai 15 % dari total jumlah pasangan. Di mana setiap pasangan yang hidup bersama tanpa ikatan saling menghormati kebebasan individual. Hal ini merupakan fenomena yang dapat ditemukan bahkan hingga di kota besar di perancis

3. Le PACS (pacte civil de solidarité). Kalau di-Indonesia-kan jadinya kawin kontrak. Ya kurang lebihnya mirip dengan film kawin kontrak 1 & 2…;p Jenis hubungan ini merupakan yang terbaru dan berkembang sejak disuarakan pada tahun 1999. Tanpa pernikahan, namun lebih dari sekedar kumpul kebo, merupakan kontrak dari 2 orang yang saling mencintai, bisa lawan jenis maupun sesama jenis. Pasangan yang menjalani hubungan seperti ini disebut les pacsés (bc : lé paksé).

4. Le Celibat. Sisanya adalah yang memilih hidup membujang. 1/3 dari total semua orang dewasa dan biasanya wanita-wanita dengan pendidikan yang tinggi yang lebih jarang menikah.

baca lebih lanjut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s