Alasan Beralih dari Pos Express ke TIKI dan JNE

Kualitas pelayanan sebanding dengan harga. Istilah tersebut memang benar adanya walaupun tidak selalu demikian.

Pos Express, sesuai dengan namanya memberikan pelayanan yang menjanjikan berkas, dokumen, paket atau apapun sampai dalam 1 hari. Masyarakat awam tidak diberikan pengertian bahwa yang sampai dalam 1 hari itu bukan sampai ke alamat tujuan, melainkan dari pos di daerah kiriman sampai ke pos di daerah tujuan.🙂

Jadi, ceritanya saya mengirim dokumen dari Balikpapan ke Jakarta melalui Pos Express (dan ketentuan yang berlaku hanya boleh lewat Pos +_+). Saya mengirim dokumen tersebut tanggal 5 Oktober 2011, hingga saat ini tanggal 10 Oktober 2011 masih ketahan di EMPC Jakarta 10500. Seperti adanya layanan pengiriman swasta, TIKI dan JNE, Pos Indonesia juga menyediakan fitur Tracking and Tracing melalui www.posindonesia.co.id . Namun celakanya fitur ini sangat membingungkan masyarakat awam dibandingkan fitur dari TIKI dan JNE.

Istilah-istilah itu misalnya seperti puri kirim, puri terima dan sebagainya. Bahkan pegawai kantor pos saja hingga manajer pengolahan tidak tahu makna beberapa istilah tersebut. Bisa dibaca lebih lanjut di sini. Yang lebih mengejutkan saya, saat pertama kali cek melalui fitur tersebut statusnya rumah kosong, keterangan antaran ulang. Hey bung, yang benar saja, saya bahkan tidak mengirim berkas tersebut ke alamat rumah, melainkan ke Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan. Rumah kosong? Rumah siapa? Rumah hantu?😛 Walhasil, panik saya, takut nyasar salah alamat karena itu berkas penting yang ada limit waktu valid atau tidaknya saat diterima. Baru saya pahami ternyata, maksudnya rumah kosong tadi, saat itu kantor pos tutup, libur. (Kenapa ga bilang saja di fitur tracking belum dikirim kantor pos libur, pake rumah kosong segala😦 )

Nah, sekian jam setelah saya cek yang pertama kali itu status berubah. Sedang mengalami proses antaran oleh salah seorang pegawai. Hingga akhirnya status diterima pegawai lain seperti yang tertera di gambar berikut.

Pikir saya sudah aman, bakalan cepat diproses. Dan ternyata sampai saat ini statusnya masih seperti itu. Saya coba cari alamat berdasarkan lokasi di fitur tracking. Tidak ada yang namanya EMPC 10500 itu. Saya coba sesuaikan field, kriteria yang dicari, berdasarkan kode pos dan sebagainya. Tidak ada data mengenai apa itu EMPC 10500 dan di mana lokasinya. Pencarian di search engine lebih konyol lagi. Kata kunci apapun yang dimasukkan sesuai dengan EMPC, yang muncul malah bisnis tupperware. Alamak😦 Fitur pencarian tracking dan tracing tidak memuaskan, membingungkan, dan databasenya pun tidak lengkap. Saya coba lagi dan lagi cari berdasarkan kode pos, yang muncul malah kantor pos di Sukoharjo. Bikin lemes aja +_+. Baru saya tahu dari blog pegawai pos yang saya cantumkan linknya di atas, bahwa yang dimaksud adalah MPC. MPC itu merupakan kantor pos gabungan yang dari situ nanti berkas disortir terus dikirim ke kantor pos tujuan. (dan ini bisa memakan waktu 1-4 hari lagi😦 ) Padahal MPC itu ada di Jakarta Pusat dan tujuan dokumen saya Jakarta Selatan.

Nah dari blog bang Ardi yang ini saya kutip kalimat di akhir tulisannya:  nah bagi anda yang mengecek kiriman anda dengan status tersebut, namun kiriman belum juga sampai di alamat anda dalam 1- 4 hari maka ada beberapa alasan kenapa kiriman tersebut tidak di antar, diantaranya. ketika di antar rumah tutup, alamat tidak ditemukan, alamat tidak lengkap, alamat kantor pemerintahan yang libur pada hari sabtu dan lain-lain.bisa juga karena petugas antar nya malas wkwkwkkwkwwkw…..(bercanda)

Mungkin saya tambahkan lagi 1 alasan-dalam hal ini untuk kasus saya-bahwa mungkin petugas pos sedang terjebak macet di jalanan Jakarta. :ngakak. Namanya juga layanan pemerintah selalu beribet mengenai alur, birokrasi, prosedur dan tetek-bengek lainnya.🙂

Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika pihak Pos Indonesia merasa dirugikan atas tulisan ini, fair sajalah, saya sebagai warga negara dan juga mungkin banyak penduduk lainnya yang mengalami hal serupa juga merasa dirugikan dengan pelayanan yang demikian.

39 comments on “Alasan Beralih dari Pos Express ke TIKI dan JNE

  1. Cahya says:

    Kalau untuk kiriman kilat, saya memang memilih JNE, tapi kalau buat surat-suratan biasa, saya kirim pakai pos dengan perangko saja, murah meriah, biar saja dah sampainya berbulan lagi😀.

  2. Shinta says:

    Trus, nyampenya tgl brapa di tujuan? t.t.
    Itu dokumen penting eg punyaku. T.T

  3. dya says:

    Lumayan ribet jg lewat pos exp..˚˚°º(*)(*)τhαñk<3ϔσù(*)(*)º°˚˚ ) y infonya..o ya fb nya tutup akun y..atau fb saya yg d blok..but anyway thx for all..sorry jika saya pnya slh..smpe saya d blok

  4. fitrii says:

    ehm,, nampaknya ceritanya sama dengan saya…
    3 hari bru nyampek EMPC, sedgkan tujuan sya jakarta selatan
    mw berapa hari lg nyampeknya????T_T

  5. sutet says:

    oww…jd bgtu y..
    kbtulan ortu jg bru ngirim ktp ane dr jatim ke jkrta barat,udah ckup lama gx nyampe2 jg.brusan ane cek di situsnya,sttusnya “diterima rekan kerja/pegawai” gtu..
    yahh..untung aj gx buru2 hrus nyampe,.jd sabar aj dah q tngguin.
    emang alamat tjuannya agak susah diCari si,ane cm tkut aj kLo salah alamat…

    • @sutet: harusnya kalau sudah ada kode pos sudah terstruktur dan teroganisir alamat itu… Kalau paket pengiriman swata aja bisa masa yang BUMN dan yang menentukan pembagian kode wilayah pos malah ga bisa.. +_+ Terus gimana sudah sampai KTPnya?

  6. wah bener sama kyk ane gan, ne status ane : EMPC Jakarta 10500 Rumah kosong 2011-11-09 17:48:22 Alasan : ANTAR ULANG

    ane make pos express ane kirim kmrn, sharusny sampe hari ini, ane kirim dgn alamat lengkap dan kirim k bank, masa bank tutup hari rabu -_-”

    terus jga ad satu lagi EMPC Jakarta 10500 Antaran 2011-11-09 10:15:24 Pengantar : MARIADI

    gk tau tuh masa masih antaran sama jga ane kirim k bank n make express -_-“

  7. Rina says:

    numpang tanya, mas fajar.. tapi pernah punya pengalaman “hilang” ga kirimannya?
    Soalnya saya juga baru ngirim berkas – express – ke Kedutaan Belanda (saya tulis nama resminya: The Embassy of the Kingdom of Netherlands c/o ………) sejak hari Senin, tapi sampai hari ini belum nyampe, keterangannya jg “rumah kosong” – ntah rumah siapa yg mereka datangi.
    Apakah faktor bahasa Inggris bikin mereka linglung, ntah lah,, tapi yg jelas saya sedang cemas sekali saat ini..

  8. setuju sekali dengan semua yang ditulis oleh mas di blog ini.
    saya kebetulan baru saja DUA KALI mengalami kejadian yang nyaris serupa dengan mas.
    saya seharusnya terima barang pesanan saya dari Surabaya selatan sejak dua hari yang lalu (barang dikirim dr surabaya di hari senin), namun karena sang pengirim salah membubuhkan lokasi keberadaan saya, maka nyasarlah itu paket ke kantor pos Jakarta Utara, sementara saya beralamat di Jakarta Pusat.

    akhirnya karena merasa sudah terlalu lama saya berinisiatif untuk menelepon ke kantor pos Jakarta Utara. Setelah menelepon ke sana saya diberi kabar bahwa barang akan langsung dikirimkan ke Jakarta Pusat saat itu juga. Saya sedikit tenang karena paling enggak mungkin hari kamisnya saya sudah bisa terima barang saya.

    Tapi sampai detik ini saya belum terima barang saya sementara para customer sudah bolak balik nagih ke saya. akhirnya saya pun menelepon ke Jakarta pusat yang sulitnya luaaaarrrr biasa nyambungnya. dan betapa pengen marahnya saya ketika saya dikasih tau bahwa barang saya masih di JAKARTA UTARA dan belum jelas kapan dikirim ke Jakarta Pusat.
    hadeeeeehhhh…. sudah begitu, si Ibu yang angkat telepon saya seakan-akan terus menyalahkan saya seakan-akan keterlambatan proses pengiriman ini seluruhnya salah saya.

    Akhirnya dengan kesal saya telepon kembali ke Jakarta Utara dan apa jawaban mereka? mereka bilang barangnya sudah dikirim ke Jakarta Pusat, baru saja. jadi intinya saya harus ke kantor pos di jakarta pusat SENDIRI utk ambil barang jika saya mau dapet barangnya cepat. ampuuuunnnn…

  9. andhi says:

    wah pantesan a ngirim lamaran kerja berjibun2 (banyak) kok g ada tanggapan, barusan saya cek status kiriman saya tertahan di EMPC 10500. ga tau tuh sampai kapan nyampenya. lowongan dah ditutup..
    nasib…nasib…

  10. cipto says:

    sampe sekarang saya nulis komen di sini masih blm ada info EMPC Jakarta 10500 di google :hammer:
    saya kira pos express lbh bagus dari jne soalnya ongkos kirim untuk jogja ke jakarta lebih mahal😦

    • @cipto: bagus atau tidaknya suatu layanan jasa itu relatif gan…🙂 Hanya saja (bukan menggeneralisir) pelayanan jasa dari instansi pemerintahan sering kurang memuaskan dibandingkan swasta

Leave a Reply

