Morning Sickness

Ingat morning sickness, ingat suatu kejadian waktu jaga di klinik beberapa bulan yang lalu. Jadi waktu itu klinik sedang direnovasi ruang periksanya dan dipasang AC. Waktu menunjukkan pukul 14.35 WITA, sembari menunggu pergantian shift, tak ada pasien, waktu itu juga lagi ribut bunyi dinding dibor oleh tukang, akhirnya saya memutuskan untuk tidur di kantor.🙂

Selang 15 menit kemudian saya terkaget dibangunkan perawat, “dok, ada pasien. UGD masih dipasang AC jadi di sini aja ya periksanya.” Saya iyakan sambil mata merem melek, saya minta perawatnya panggil pasien ke kantor. Menunggu pasien, saya lirik status rekam medisnya, ooh, morning sickness, anamnesis dari perawat. Kemudian pasien masuk dan terjadilah kekonyolan seperti ini:

Dokter (dr.): (masih sedikit ngantuk) Sering mual muntah ya? Sejak kapan mulainya? Berulang? Apa ada waktu-waktu tertentu muntahnya?

Pasien (px): iya nih dok. Saya kok sering morning sickness ya? Ini saya alami sejak SMA, terus setelah kuliah semakin parah.

dr.: (masih sedikit ngantuk sambil mengamati pasien, apa benar atau lagi mimpi, pasiennya rambut panjang sih, kulit putih, tapi cowok, gaya sedikit kemayu) Mulai SMA? kalau makan gimana, sering ga teratur?

px: iya dok. apalagi semenjak kuliah, makin ga teratur, tapi sering muncul mualnya pagi hari setelah bangun tidur.

dr.: (hm… ini beneran cowok kok) Terus pernah ga ada nyeri di ulu hati? Rasa sesuatu mendesak ke dada dan panas menuju ke atas? Kalau bangun tidur pernah nyeri di tenggorokan seperti radang gitu?

px: oh, sering banget dok. terutama kalau saya tidur rata tanpa bantal, kalau pakai bantal kadang terasa sesak di dada.

dr.: (melakukan pemeriksaan fisik rongga dada dan perut)

px: jadi gimana dok, morning sickness saya? Apa sudah parah ini?

dr.: wah, mas tau kalau ini morning sickness dari mana?

px: oh, jarang mengenai laki-laki ya dok? berarti saya termasuk yang parah?

dr.: ini bukan morning sickness. Tapi GERD. lagian morning sickness itu juga istilah mual muntah yang terjadi pada wanita hamil di trimester pertama. Mas kan cowok😛 (sambil melirik status, nama pasien IGN Bla Bla Bla) by the way, dari Bali ya?

px: oh ga dok, sy dari jakarta.

dr.: turunan Bali ya?

px: kenapa gitu dok?

dr.: habisnya namanya IGN kan? I Gusti Ngurah bukan?

px: oh bukan dok, nama saya depannya itu Ignasius. Tadi ga tau kenapa disingkat gitu sama perawatnya.

dr.: (sialan… dikerjain perawat lagi nih gw :p :ngakak)

Morning Sickness –> atau juga dikenal dengan nausea gravidarum atau Nausea & Vomiting of Pregnancy (NVP) merupakan kondisi yang lazim terjadi pada lebih dari setengah dari seluruh wanita hamil. Gejala ini terjadi pada trimester pertama kehamilan, rata-rata terjadi pada minggu ke6 setelah haid terakhir dan sudah hilang pada maksimal minggu ke 12.

Penyebab terjadinya NVP ini antara lain peningkatan hormon estrogen, peningkatan hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG), peningkatan kadar bilirubin darah yang memicu enzim hati, peningkatan progesteron yang memicu relaksasi lambung dan usus sehingga asam lambung berlebih dan terjadi GERD, dan peningkatan sensitivitas terhadap aroma.

Morning Sickness ini, berdasarkan penelitian ilmuwan, dipercaya sebagai mekanisme pertahanan terhadap agen penyakit, racun dan zat-zat berbahaya lainnya. Pada manusia dewasa, sistem imun kita memiliki kekebalan untuk melawan sesuatu yang berbahaya dari luar dengan mengeluarkan enzim detoksifikasi alami dari tubuh. Dan sebaliknya, kemampuan itu belum terbentuk sempurna pada bakal janin, apalagi ditambah daya tahan ibu yang melemah karena menanggung 2 badan. Dengan adanya NVP ini, ibu dan janin terlindungi dari paparan zat berbahaya. Pada jenis makanan tertentu yang terdapat parasit di dalamnya atau mengandung zat berbahaya, mengeluarkan bau dan rasa yang sensitif pada wanita hamil sehingga memicu mual muntah.

Sebagai tambahan Morning Sickness dinamakan demikian karena pada sebagian besar wanita hamil, gejalanya dimulai pagi hari dan berkurang seiring dengan berubahnya hari. Jadi bisa terjadi kapan saja tidak selalu di pagi hari.🙂

Sumber:

Cunningham G. et al. 2001. William Obstetrics ed: 21st. Section 1 Human Pregnancy, Chap. 2 Pregnancy, Overview, Organization and Diagnosis. US: Mc GrawHill.

Pepper, G.V. et Robert, S.C. Rates of nausea and vomiting in pregnancy and dietary characteristics across populations. Proc R Soc B, Oct 2006; 273: 2675 – 2679.

p.s. untuk jurnal di atas bisa diunduh di sini🙂

3 comments on “Morning Sickness

  1. Cahya says:

    Untuk tidak ditambahkan keterangan hiperemesis😆.

  2. Walaupun sepertinya menyiksa ibu hamil, morning sickness itu sebenarnya memiliki manfaat tersembunyi. Bisa membantu si bumil untuk melindungi si janin dari zat-zat berbahaya.

    http://fannyrofalina.blogspot.com/2013/02/apakah-morning-sickness-melindungi-janin.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s