Perkenalan Pertama dengan Komputer di tahun ’99

Saat blogwalking dan browsing mengenai timeline distro linux, selayang pandang, and out of the blue, ingatanku mengajakku flash back ke akhir abad 20. Tepatnya tahun 1999, di mana saat itu ada peristiwa penting Y2K dan saat pertama kali aku mengenal benda bernama komputer.

Pada tahun 99 itu, operating system yang dikenal masyarakat luas adalah windows 95 dan 98. Di mana waktu itu windows 98 dinyatakan sebagai os yang paling stabil dan aman. Tahun-tahun pertama di SMP ada pelajaran komputer di mana saat itu yang dipelajari adalah sejarah komputer, mulai dari komputer super gede hingga yang ada saat itu, sampai pengenalan hardware dan software, termasuk pelajaran mengenai DOS dan wordstar (yang aku waktu itu ga paham maksudnya apa :p )

Komputer di masa itu, rata-rata CPU nya berbentuk box horizontal, seperti tiduran gitu dan di atasnya ditindih monitor. USB port masih belum ada saat itu, dan tempat penyimpanan data masih menggunakan disket yang seperti kertas 5,25 inch dan floppy disk yang agak compact 3,5inch.

floppy_diskfloppy8

Sampai di awal tahun2004, kalau pergi keluar saya selalu membawa Floppy Disk. Kesannya cool apalagi setelah nonton serial detective conan di mana diperkenalkan istilah electronic diary dengan menggunakan disket sebagai data penyimpanan. Pertengahan tahun 2004, saya orang kedua di kampus yang out of the box mencoba menggunakan dan punya flash disk. Flash disk pertama saya easy disk berbentuk elips tipis dengan kapasitas 128MB, waktu itu harganya 570ribu rupiah :p Karena bentuknya yang unik, saya jadikan kalung dan hanya dilepas saat mandi :p
(cari di internet sudah tak ada lagi contohnya, kira-kira prototypenya dari easy disk yang berikut)

EasyDisk_4GB_USB_Flash_Drive

Dan sekarang media penyimpanan portable sudah ada Hard Disk External dengan kapasitas 8 TB. Hardware seperti mouse, keyboard, monitor, termasuk komponen motherboard sudah mengalami fase perubahan. Saat ini juga sudah diperkenalkan metode infrared, bluetooth, Wireless Fidelity (WiFi), NFC dan banyak lainnya. That’s the power of technology.

Kembali ke tahun 1999, waktu saya pertama kali mengenal dunia internet, heboh banget dengan icon huruf “e” berwarna biru (yakni internet explorer). Buka aplikasi itu berasa punya kantong ajaibnya doraemon. Dan situs favorit saya waktu itu google.com, rotten.com dan dagelan.com. Oh satu lagi yahoo.com. Dan itu awalnya saya mengenal dunia komunikasi chatting dengan mIRC, dan pertama kali kena serangan DOS, blue screen of death. Yang paling saya kenang dari mIRC slap on the cheek with a big trout :p lol.

Internet Service Provider (ISP) yang terkenal di awal tahun 2000an yakni TelkomNet Instan. dengan background theme song yang khas “0809 8 9 4x telkomnet instaaaaaannnnn” dengan kecepatan max 56 kbps (ingat ya bit bukan byte) jadi setara dengan 7 KB/sec.

Takjub dengan semua kehebohan itu, akhirnya saya minta dibelikan komputer oleh orangtua. Ditangguhkan. Wajar saja, zaman dulu komputer itu berasa mahal sekali. Apalagi setelah krisis monitor :p, ups moneter di tahun 98. Jadi saya baru punya komputer di akhir tahun 2001. Saat itu dibelikan komputer dengan processor intel celeron dan saya lupa spec lainnya +_+ OSnya windows millenium edition (ME). Dan teman-teman saya pada bilang, buat apa pakai windows ME, itu produk gagal, kan sudah ada windows XP (yg waktu itu release 25 Oktober 2001).

winme winme2

Windows_ME_tan_by_HoiHoiSanBack to 1999, menjelang akhir tahun, ada isu di seluruh dunia mengenai Y2K. Itu sama seperti isu kiamat yang terjadi di tahun 2012. Hanya saja isu kiamat di sini adalah di dunia IT lebih tepatnya. Y2K adalah bug yang efeknya terasa bagi seluruh mesin di dunia, mesin apa pun itu yang memiliki bahasa binary atau bahasa komputer, di mana terjadi “rollover” atau error logical problem karena masalah pengkodean. Awamnya setelah tahun 99 harusnya tahun 100, tapi malah balik ke 00. Dampaknya ada pada sistem perekonomian, sistem pencatatan, sistem penyimpanan data, termasuk sistem navigasi dll.  Bahkan sebelumnya ada isu serupa 9/9/99 Pukul 09.09:09 (ini yang sempat heboh jadi pembicaraan saya dan teman-teman waktu itu yang notabene tak tahu apa-apa)

Contoh kekacauan Y2K pada kehidupan nyata (IMHO):

1. Sistem pencatatan data digital. Misal agan lahir di tahun 1997. Inputnya 97. 97 + 3 = 100. Jadi logikanya agan berumur 3 tahun secara matematis pada tahun 100. Sementara tahun 2000, inputnya 00. Jadi secara logika, orang yang lahir di tahun 97 mustahil ada di tahun 00. Artinya semua data agan secara digital, SIM, KTP, Akte kelahiran dianggap tidak valid.

2. Sistem perekonomian. Agan deposit uang dengan range 10 tahun sejak tahun 96. Karena Y2K agan dianggap tidak mungkin memiliki uang di bank pada tahun 00. Artinya musnahlah seluruh harta kekayaan yang disimpan di bank

3. Sistem pengadilan. Kriminal X yang melakukan kejahatan pidana tertentu yang dihukum selama 20 tahun sejak tahun 91. Maka pada tahun 00 secara de facto dan de jure semua hukumannya harus dihapuskan karena dia dianggap tidak bersalah dan tidak mungkin melakukan kejahatan pada tahun tersebut

Dan Isu ini katanya akan berulang di tahun 2038, lagi-lagi karena masalah pengkodean data pada sistem unix dan unix-like. Semoga saja Y2038 bisa diatasi dan di-debug oleh para programmer di seluruh dunia. Salah satu solusi alternatif katanya beralih ke arsitektur 64-bit, namun saya belum sempat mencari informasi mengenai itu. Mungkin teman-teman yang di bidang IT bisa menambahkan info???

Ben, c’est tout la nostalgie de moi, ciao… 🙂

3 comments on “Perkenalan Pertama dengan Komputer di tahun ’99

  1. Cahya says:

    Well, Windows dan Linux saya sudah di edisi 64-bit semua, tapi siapa tahun tahun itu malah eranya 128-bit atau malah 1028-bit (emang resolusi monitor). Yah, santai saja, saat itu pasti ada solusinya, kalau ndak mesin tik tua di gudang masih bisa dikembalikan masa kejayaannya, menulis surat seperti zaman SMP lagi :D.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s