KOEI Games Review: Dynasty Warriors, Samurai Warriors & SpinOff

 

orochi-army

 

Belajar sejarah sangat membosankan. Lain cerita kalau sejarahnya dikemas dalam kemasan yang menarik. KOEI &  Omega Force merupakan salah satu publisher/developer game yang mampu merealisasikan hal tersebut. Varian game terkenal besutan KOEI antara lain serial Dynasty Warriors dan Samurai Warriors. Di mana Dynasty Warriors menceritakan sejarah Cina yang juga sempat dibuatkan novel “Romance of The Three Kingdoms” oleh Luo Guanzhong. Dalam novel ini diceritakan tentang kisah Cina semenjak keruntuhan dinasti Han, dinasti yang korup pada masa itu (th. 169). Para pejuang Cina berkumpul untuk meruntuhkan kezaliman dan adikuasa dari pemimpin Cina yang korup. Setelah dinasti Han ini gugur, beberapa faksi yang ikut berjuang itu malah pecah menjadi 3 dinasti yakni dinasti Wu yang dipimpin oleh Sun Jian, dinasti Wei dipimpin oleh Cao Cao, dan dinasti Shu yang dipimpin oleh Liu Bei.

Sejarah yang terjadi antara 3 dinasti ini disebut juga dengan perang saudara dan terkenal dengan sebutan Romance of Three Kingdoms. Karena sama kuat, akhirnya ketiga dinasti ini juga gugur. Dan proses penyatuan cina (unifikasi) pada akhirnya dideklarasikan oleh dinasti Jin yang dipimpin Sima Yi pada tahun 280. Sejarah pada masa perang saudara ini juga difilmkan dengan judul Red Cliff di mana salah satu pemerannya adalah Jacky Chan sebagai Zhao Yun, salah satu jenderal dari dinasti Shu,

Sementara Samurai Warriors, mengisahkan keadaan masa perang di Jepang pada sekitar abad ke 15 – 17. Di mana terjadi konflik militer, intrik politik, kesenjangan sosial, dan pemerintahan yang sangat korup pada masa itu. Terkenal dengan Era Sengoku atau Warring State Period of Japan. Sejarah pada periode ini menjelaskan bahwa proses penyatuan Jepang sangat dipengaruhi oleh 3 warlord  yang terkenal yakni Nobunaga Oda, Hideyoshi Toyotomi dan Ieyasu Tokugawa. Perang Sekigahara yang terkenal di Jepang juga terjadi pada periode ini.

images

Hanya saja dalam game Samurai Warriors sebagian kisah bersifat fiksional yang menggambarkan kemungkinan-kemungkinan yang seandainya dapat terjadi jika alur cerita dari para jenderal di Jepang tersebut tidak berjalan sesuai dengan sejarah yang nyata. As FYI, kisah pada era sengoku ini juga dikemas dalam anime, manga, film hingga drama. Untuk anime yang sangat terkenal yakni Samurai X. Sementara untuk film ada Azumi. Untuk manga ada King of Bandits, Samurai X, dll.

warriors_orochi-334508

Saya mengkhayalkan dan membayangkan bagaimana seandainya kisah perjuangan bangsa Indonesia semenjak zaman penjajahan Belanda, Jepang hingga kemerdekaan RI pada tahun 1945 dibuat game. Tentunya akan sangat menarik. Karena Jepang saja kalah oleh Indonesia yang waktu itu berperang dengan taktik gerilya dan senjata seadanya. I wish KOEI and Omega Force make a video game based on the history of Indonesian Republic and name it Bamboo Warriors. Bayangkan, betapa kerennya jenderal Sudirman yang berperang sambil ditandu, kemudian Pattimura, Sisingamangaraja, Sultan Hasanuddin, Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Ngurah Rai, Soekarno, hingga Soeharto dan juga tokoh pahlawan dan pejuang bangsa lainnya. Cool. Amazing. Dengan begitu pelajaran sejarah ga bakalan lagi membosankan. Untuk tokoh wanitanya bisa dimasukkan Cut Nyak Dien, Cut Meutia, Kartini dan sebagainya. Apakah ada yang sependapat dengan saya. Wish that dream could come true…🙂

images (1)

Source:

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Romance_of_the_Three_Kingdoms

2. http://en.wikipedia.org/wiki/Warring_States_period

3. http://en.wikipedia.org/wiki/Sengoku_period

4. http://koeiwarriors.co.uk/mo-review.php

5. http://en.wikipedia.org/wiki/Samurai_Warriors

6. http://en.wikipedia.org/wiki/Dynasty_Warriors

2 comments on “KOEI Games Review: Dynasty Warriors, Samurai Warriors & SpinOff

  1. Cahya says:

    Saya pernah mencicipi Samurai Warior, rada-rada romantis dan bikin ketagihan. Tapi sejarahnya jadi tumpang tindih.

    • @Cahya: Ya pada beberapa bagian sejarahnya jadi sedikit tumpang tindih. Misal pahlawan A yang harusnya sudah ga ada di era pahlawan B mau ga mau harus tetap muncul supaya ending alur ceritanya bisa disesuaikan. Tapi hal itu dikoreksi di encyclopedia yang juga terdapat di dalam gamesnya. Ada biografi singkat masing-masing tokoh. Sampai ke tokoh ecek-ecek juga ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s