Buta Huruf Era Millenium III

buta-hurufDulu definisi Buta Huruf (Tuna Aksara) adalah ketidakmampuan dalam hal baca dan tulis. Dalam bahasa Inggris, kata sifat untuk buta huruf yakni illiterate sementara kata bendanya yakni illiteracy. Namun sekarang pengertian buta huruf sudah mengalami pergeseran. Saya jadi ingat salah satu pernyataan seorang dosen di tahun 2004, “Buta huruf itu bukan lagi ketidakmampuan baca tulis, melainkan ketidakmampuan dalam hal mengakses informasi dan teknologi serta penguasaan bahasa asing. Jadi seseorang bisa dikatakan buta huruf kalau tidak paham ilmu komputer dan internet serta tidak menguasai (setidaknya) bahasa Inggris.”

Saya terkejut ketika melihat statistik kemampuan baca tulis negara-negara di dunia. Rata-rata di seluruh dunia orang yang bisa baca tulis sekitar 84,1% (M=88,6%, F=79,7%). Tadinya saya pikir Indonesia di bawah rata-rata dunia, ternyata tidak. Orang yang bisa baca tulis di Indonesia sekitar 90,4% (M=94%, F=86,8%). Negara yang 100% kemampuan baca tulisnya yakni Andorra, Finlandia, Greenland, Liechstentein, Luxembourg, Norwegia dan Vatican City. Sementara negara maju seperti Jepang, Jerman,  US, UK dan Perancis hanya  berada pada persentase 99%. Bahkan negara-negara di jazirah Arab rata-rata di kisaran 70-90%. Dan yang paling rendah ditempati oleh beberapa negara di wilayah benua Afrika. Bisa dilihat di sini.

Dengan literacy yang jauh di atas rata-rata, lantas kenapa marak terjadi penipuan atau cyber crime di dunia maya? Kenapa diskusi atau forum debat hampir semua kalangan sangat alot namun sering tidak ada solusinya, alias NATO?

Ternyata sederhana. Menguasai informasi, teknologi dan bahasa asing kata kuncinya. Menguasai dalam hal ini membutuhkan pemahaman, bedakan dengan sebatas mengetahui. Ilustrasinya banyak orang dapat mengakses informasi melalui search engine semacam google, tapi hanya sedikit yang mengetahui google hacking. Contoh gamblangnya untuk mencari definisi dari Kambing Hitam. Beberapa mengetikkan apa pengertian dari kambing hitam? atau penjelasan makna kambing hitam atau kambing hitam adalah atau ada ga sih yang tau kambing hitam itu apaan (gubrak +_+) dan lain-lain. Miris bukan? Kalau saja paham fasilitas google hacking sebenarnya lebih simple, yang diketik cukup kambing + hitam atau kambing AND hitam atau “kambing hitam” atau define:kambing hitam. Misal untuk mencari file kambing hitam dengan jenis pdf –> kambing hitam filetype:pdf 

Saya kadang sampai geli terpingkal-pingkal kalau lihat di dashboard blog ada orang yang nyasar masuk ke blog melalui search engine.🙂 Kata kunci pencariannya seperti ini tolong dong jelasin magic mushroom bali itu apa… #eaaa Jadi ingat lagunya Doel Sumbang – Kalau google bisa ngomong🙂 hahaha Sekedar joke ya, jangan tersinggung…

Karena metode akses informasinya kurang tepat, maka banyak informasi yang sebenarnya penting (gold) tertimbun oleh informasi yang ga penting (rubbish). Hal semacam ini yang sering membuat banyak orang terjebak atau tersesat dalam arus informasi hingga akhirnya merasa informasi yang didapat benar adanya, padahal nyatanya malah kebalikannya. Untuk menimbun 1 informasi penting, bisa saja saya membuat 100 informasi tidak penting. Search Engine macam google menggunakan teknik robot yang dinamakan web crawling. Semua kata dirangkul, dan semakin banyak diakses, maka urutannya naik jadi semakin ke atas.

Itu baru contoh dari informasi. Sementara contoh gamblang dari teknologi adalah penggunaan smartphone. Boleh lah ponselnya cerdas, tapi nyatanya tidak semua penggunanya cerdas. Misal, android hanya digunakan buat chattingan sama main game angry bird. Hellooo…🙂 Padahal android itu bisa digunakan untuk melacak keberadaan orang, menentukan arah mata angin, bisa jadi senter, bisa untuk transaksi via NFC, dan banyak fungsi lainnya hingga bisa digunakan untuk meretas (hacking).

Saya pernah menjumpai orang yang sibuk mencari kalender sementara smartphonenya galaxy S4. Ada juga yang smartphonenya Xperia Z tapi sibuk mencari kalkulator. Unfortunately. Makanya ada istilah smartphone for smart people.

Dari segi penguasaan bahasa asing pun demikian. Banyak yang mengaku kaum intelek tapi penguasaan bahasa asingnya, setidaknya Inggris, minim bahkan mendekati nol. Kenapa penguasaan bahasa asing demikian penting? Misal, dalam bidang saya dunia kedokteran, buku kedokteran terbitan luar negeri dalam bahasa inggris biasanya baru selesai ditranslasikan sekitar 3-5 tahun setelah terbit. Sementara kita baru dapat terjemahannya, di luar sudah ada ilmu baru, metode baru dan lain-lain yang sifatnya lebih up-to-date.

Mohon maaf :noSARA. Dalam Islam, ayat pertama yang diturunkan dalam Al Qur’an berbunyi Iqra’. Yang artinya bacalah. Di sini yang diturunkan pertama kali bukan lah hukum suatu zat sifatnya halal/haram dan lain-lain, bukan hukum pernikahan, bukan pula jihad dan lain sebagainya. Bukan. Melainkan bacalah. Belajar. Supaya tidak buta huruf. Kalau sudah paham baru bisa diteruskan dan diaplikasikan ayat dan ilmu selanjutnya.

Sayangnya kebanyakan orang, termasuk saya, kadang tidak peduli, malas, bahkan tidak mau untuk membaca/belajar. Membaca itu tidak kenal usia. Dengan banyak membaca membuat kita lebih bijak untuk dapat melihat dari berbagai sudut pandang.

So, Are you illiterate in this 3rd millenium era?

buta-huruf2

Courtesy of Budi Ridwin

Source:

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_literacy_rate

http://en.wikipedia.org/wiki/Literacy

http://id.wikipedia.org/wiki/Melek_aksara

http://budiridwin.web.id/home/buta-huruf.html

http://www.sonymobile.com/global-en/products/phones/xperia-z/

http://www.samsung.com/global/microsite/galaxys4/

4 comments on “Buta Huruf Era Millenium III

  1. Halo bro Fajar, hehehe lama tak jumpa ^_^ gimana kabar? Numpang komen yak, mau menyoroti masalah gadget. Ya betul memang orang yang punya gadget high end cukup sering hanya demi gengsi belaka, bukan berdasar kebutuhan. So dampaknya ya gitu deh, males mempelajari gadget canggih yang dia punya, sehingga gadget high end dipakai hanya utk maen angry bird… ckckck… btw nice share brother. Mencerahkan ^_^

  2. sahrul says:

    Haha.. Insyaallah bisa deh om fajar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s