[ffmpeg]: Tool Converter Multimedia Ini Sudah Digantikan oleh [avconv]

Semenjak nonton film Paris, Je T’aime di tahun 2006 silam, saya tertarik dengan lagunya Feist yang memiliki 2 versi yang berbeda yakni Inggris dan Perancis. Lagu Inggrisnya berjudul We’re All in The Dance, sementara lagu Perancisnya berjudul Dans La Meme Histoire. Kedua lagu tersebut saya sih punya. Yang saya cari mix/kombinasi dari lagu tersebut. Setelah sekian lama akhirnya saya dapat video plus liriknya di youtube. Masalahnya saya ingin mengubah format file video itu menjadi file audio. Seperti biasa saya bergegas menggunakan tools ffmpeg di linux. Dan ternyata?

Muncul pesan error seperti gambar di bawah. Di situ dibilang kalau program ffmpeg sudah tidak diteruskan lagi oleh developer dan mereka menganjurkan untuk menggunakan avconv. Karena saya penasaran akhirnya saya blogwalking dan surfing di net hingga ke forum luar.

Image

Ternyata masih ada yang mengembangkan program ffmpeg itu secara independen. Bagi rekan-rekan yang masih ingin menggunakan ffmpeg, harus mengkompilasi source data-nya terlebih dahulu, bisa dilihat di sini. Sementara yang ingin penjelasan kenapa developer beralih ke avconv, bisa lihat di sini.

Dan dimulailah pencarian saya terhadap avconv. Avconv sendiri sudah terinstall by default pada OS Linux turunan debian dan ubuntu yang terbaru. Bagi yang doyan mengkonversi file lewat baris perintah (command line) terminal linux berikut link yang dapat dijadikan acuan. Dan bagi yang tidak paham atau tidak menguasai baris perintah, silakan install tool winff dari software manager. Penampakan winff ini simple namun powerful. Berikut contoh layoutnya.

Image

Dan untuk penikmat lagu feist tersebut. Akan saya upload di postingan saya yang berikutnya. Selamat mencoba tool avconf dan winfff ini🙂 Vous avez de la chance!!!

Source:

http://www.roxlu.com/2013/002/converting-video-audio-using-avconv

http://trac.ffmpeg.org/wiki/UbuntuCompilationGuide

http://superuser.com/questions/516739/cant-convert-flac-to-mp3-with-ffmpeg

https://ffmpeg.org/download.html#LinuxBuilds

http://blog.pkh.me/p/13-the-ffmpeg-libav-situation.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Paris,_je_t%27aime

2 comments on “[ffmpeg]: Tool Converter Multimedia Ini Sudah Digantikan oleh [avconv]

  1. Cahya says:

    Saya jarang sekali melakukan konversi multimedia, dulu dapat lisensi gratis sebuah software bagus di WIndows. Tapi kemudian karena sudah keseringan mengandalkan codec, jadi memainkan multimedia apapun tidak perlu dikonversi lagi.

    • @cahya: konversi multimedia memang disesuaikan kebutuhan… sy sendiri hampir ga pernah konversi multimedia yang masih 1 kategori misal video/video atau audio/audio. Biasanya yg sy konversi ya video/audio.🙂

Leave a Reply

