Hakikat Cinta Segitiga

Love-Triangle-crpApakah cinta segitiga itu benar-benar ada? Dalam matematika, segitiga adalah bangun dua dimensi yang terdiri dari 3 sisi yang saling terhubung. Terdiri dari 3 titik yang dihubungkan 3 garis yang bertemu, memiliki 3 sudut, yang jumlah ketiga sudutnya 180derajat. Sementara definisi cinta sendiri sangat luas, jika kita sederhanakan hubungan perasaan suka/kasih/sayang (secara linier) seorang makhluk terhadap makhluk lainnya. Artinya kalau cinta segitiga, harus ada hubungan dari semua subjek pecinta.

Dengan demikian jika A cinta B, B cinta C, harusnya C cinta A. Yang menjadi mustahil jika pelakunya terdiri dari 1 maskulin & 2 feminin. Atau 1 feminin dan 2 maskulin. Pada kasus yang pertama jika dipaksakan akan ada hubungan sejenis sesama feminin –> lesbi. Dan kasus yang kedua akan ada hubungan sejenis sesama maskulin –> homo. Jika cinta tersebut terpusat pada satu individu, atau jika tidak ada hubungan balik antara yang sejenis, bukankah lebih bijak kalau disebut cinta 2 sisi 1 sudut? Atau perlukah ada 1 lagi makhluk transisi transgender (hermaphrodite) di antara komponen pecintanya? Itu lebih masuk akal.

Tengok saja lagunya Frente yang berjudul Bizarre Love Triangle. Meminjam kosakata bahasa perancis bizarre, yang artinya aneh, atau dalam bahasa inggris lebih tepat jika disandingkan dengan kata weird & absurd. Well, it’s no problem of mine. But it’s the problem i find.

There’s no sense in telling me.

The wisdom of a fool won’t set you free.

But that’s the way that it goes.

And that’s what nobody knows.

And every day my confusion grows.

Ada dua bentuk cinta segitiga, rivalrous triangle di mana ada dua orang pesaing cinta yang memperebutkan seseorang yang dicintai dan split-object triangle di mana seorang pecinta memecah/membagi kasih sayangnya untuk dua orang objek cinta. But it still doesn’t make sense. Mungkin cinta segitiga itu masuk akal jika dalam konteks persahabatan atau persaudaraan. Mungkin. Ah… tapi masih saja aku bingung.

Source:

http://en.wikipedia.org/wiki/Triangle

http://en.wikipedia.org/wiki/Love_triangle

http://en.wikipedia.org/wiki/Triangular_theory_of_love

http://www.urbandictionary.com/define.php?term=Love%20Triangle

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s