[Overview] Android: Stamina Mode & USB Tethering/Charging

Power_mgmt_settings_screenshot_216x384Android gadget. Seperti yang kita ketahui memiliki beberapa isu, 2 di antaranya sangat penting, yakni konektivitas internet dan daya tahan baterai. Apalah artinya smartphone android tanpa koneksi internet, sama halnya bila baterai suka nge-drop.

Android pertama kali release pada akhir tahun 2008. Tepatnya pada 22 Oktober 2008 di mana gadget pertama yang menggunakannya adalah HTC Dream. Di masa itu merupakan masa menjelang keruntuhan symbian yang sekian lama berjaya menguasai pangsa pasar, yang kemudian kemudian mulai marak digantikan oleh blackberry OS. Beriringan dengan kejayaan blackberry OS, android pun mulai digandrungi sejak tahun 2010. Lalu akhir 2013, masa jaya blackberry berakhir.

Merupakan open source OS yang berbasis linux, maka android mengacu pada standar FOSS. Free Open Source Operating System. Free di sini memiliki arti bebas dan gratis (bisa ya, bisa tidak). Selain itu juga memberikan kemudahan bagi pengguna standar, tapi juga bisa dioprek (rooting, flashing, deodexing dll) bagi pengguna advanced. Kemudahan dan kekayaan variabilitas fungsi android ini dicari-cari.

Lalu muncul isu konektivitas jaringan dan daya tahan baterai yang tidak mumpuni.

Hingga akhirnya produsen smartphone android berpikir keras untuk mengatasi ini. Muncullah stamina mode yang diciptakan Sony dan tersedia pada HP Sony Experia keluaran terbaru. Modus ini bisa menghemat baterai hingga 3-4x lipat. Cara kerjanya, jika diaktifkan, akan memblok semua koneksi internet saat layar handphone mati. Tapi sinyal untuk telepon dan sms tetap ada. Kelebihan lain dari stamina mode ini, kita bisa membuat daftar aplikasi apa saja yang tetap bisa berjalan (white list) selama modus ini diaktifkan.

Isu lainnya yakni konektivitas. Bagi orang yang bekerja di lokasi tambang, area pedalaman dan atau terpencil isu ini benar-benar terasa. Bagi orang yang tinggal di kota perbedaan ini hampir tidak dapat dirasakan. Tanyakan saja pada orang-orang tersebut android keluaran Samsung, Sony, Lenovo, Acer, HTC, Cross dan macam-macam lainnya, bagaimana kondisi sinyalnya? Pasti sebagian besar sepakat. Mengecewakan. Urusan sinyal, Samsung masih jagoannya. Walau cuma 2-3 bar, tapi tetap stabil. Sementara yang lain naik turun. Malah ada yang total SOS. No network coverage.

Saya pribadi, saat berada di kota, selalu mengandalkan koneksi HSDPA 3 dan XL. Tapi saat di lokasi, cuma Telkomsel yang bisa diandalkan. Artinya, tetap saja harus memiliki sim card lebih dari satu provider.

Pada beberapa kesempatan, kita memerlukan koneksi internet yang tersambung pada laptop. Dari gadget android, kita bisa melakukan tethering. Tethering artinya memeberikan akses internet pada laptop atau gadget lainnya dari handphone yang berfungsi sebagai modem. Metode tethering ini terbagi lagi jadi 3 yakni via WiFi, Bluetooth dan USB cable.

USB tethering sendiri memiliki kelebihan lainnya yakni juga bisa men-charge HP pada saat yang bersamaan. Kuat arus listrik yang dialirkan via kabel USB sekitar 500mA. Dan selama kita tethering, jika sinyal yang didapat 3G atau 4G, maka kita tetap dapat melakukan panggilan telepon dan sms. Kalau sinyalnya 2G ke bawah, jika ada telepon dan sms masuk maka koneksi internet akan terputus sementara. Satu lagi, saat tethering ke laptop atau gadget lainnya, hp tetap bisa digunakan internetan.

So which android smartphone do you choose?

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Android_%28operating_system%29

http://www.broadbandchoices.co.uk/ask-our-expert/can-i-tether-my-android-phone-to-my-laptop

http://android.stackexchange.com/questions/36984/does-usb-tethering-degrade-droid-batteries

http://developer.sonymobile.com/2013/04/03/how-sonys-battery-stamina-mode-works/

http://blog.clove.co.uk/2013/05/20/how-sonys-stamina-mode-works/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s