Mana yang Tercepat Tethering Via USB, Bluetooth atau WiFi?

android-tetheringAda kalanya kita butuh membagi koneksi internet dari satu hp ke gadget lain seperti laptop, tablet, hp dll dengan berbagai alasan yang berbeda. Untuk urusan ini, sebagian besar orang sudah mengetahui fungsi tethering.
Dari 3 cara koneksi tethering mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti berikut:
WiFi. Memiliki kecepatan yang sangat tinggi, bisa digunakan hingga kecepatan jaringan 4G, dan dapat terkoneksi dengan banyak perangkat sekaligus. Praktis dan juga simple. Hanya saja tentunya boros dan mengkonsumsi baterai paling banyak dibanding koneksi lain. Dari segi keamanan termasuk yang paling gemar diserang oleh cracker dengan bermacam metode seperti aircrack, wireshark dan metode lainnya baik yang hanya sekedar memonitor jaringan, mencuri data, hingga memanfaatkan koneksi jaringan tersebut.

Bluetooth. Praktis dan simple karena tidak menggunakan kabel. Tidak boros baterai seperti penggunaan WiFi. Data lebih aman karena serangan ke bluetooth lebih jarang karena metode yang digunakan untuk serangan cukup sulit dan tidak efisien. Nah, kelemahannya maksimal hanya stabil di jaringan 3G dan hanya bisa tersambung ke satu perangkat yang sudah dilakukan pairing

USB. Memiliki kecepatan yang hampir setara dengan WiFi. Kelebihan lainnya saat tersambung ke laptop atau pc bisa sekaligus melakukan pengisian daya HP. Dan pada komputer tua yang tidak memiliki bluetooth atau wifi card alternatifnya adalah metode ini. Namun tentu saja tidak praktis karena harus selalu bawa kabel data. Dan pada pengguna awam, rentan terkena virus. Juga jika tersambung ke laptop dengan baterai masih belum 6 sel, alamat baterai laptopnya yang jebol, kecuali saat laptop juga di-charge.
Kesimpulannya: WiFi tercepat dan terbanyak sambungan koneksinya, Bluetooth teraman, sementara USB terawet untuk life span baterai hpnya.

So which one do you choose???

Source:
http://lifehacker.com/5967128/tether-your-phone-over-bluetooth-for-less-battery-drain

http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1782075

http://en.wikipedia.org/wiki/Tethering

2 comments on “Mana yang Tercepat Tethering Via USB, Bluetooth atau WiFi?

  1. Gdcr7 says:

    yg saya tau itu USB yg tecepat om..dari berbagai sumber

  2. Schneider says:

    USB paling ramah sama baterai hp? Bukannya dengan pake USB, sama aja seperti charging sekaligus dipake & itu ga baik buat batre?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s