[Tips ‘n Trick] Mengatasi Game Yang Tidak Jalan di Aplikasi GL2SD Android

91d381b4-c126-46d9-a055-15baa1c9cbc3_zps71c4313eGadget dengan OS Android menyediakan fitur gaming dengan kualitas HD. Game jenis ini grafiknya sangat luar biasa mantap dan biasanya sudah didukung oleh gadget Android dengan kelas mid-end ke atas. Masalah yang muncul adalah dengan kualitas grafik yang semakin baik, tentunya kapasitas data yang digunakan juga besar. Tak tanggung-tanggung ada beberapa jenis game yang ketika diinstall membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 2GB. Is it the real problem?

Ternyata tidak. Pada gadget yang sudah dilakukan rooting, ada aplikasi yang bernama GL2SD. Aplikasi ini memudahkan pengguna gadget untuk memindahkan data dari memory internal ke memory external yang sangat membantu sekali pada pengguna gadget terutama kelas mid-end.

Namun demikian masih saja ada pengguna yang mengeluhkan game yang diinstall lalu menggunakan GL2SD ini tidak berjalan sebagaimana mestinya. Biasanya sih, karena kurang pemahaman mengenai struktur hirarki file system Android. (Android sendiri berbasis linux).

Pada dasarnya game di Android terpisah menjadi dua yakni file instalasi game dan data game. File instalasi game biasanya berekstensi .apk sementara untuk datanya berekstensi .obb (pengecualian ada beberapa jenis game yang datanya masih berupa kumpulan source file). Tutorial pada playstore yang sangat krusial adalah yang berikut:

1.For new user,using “move data” function move your game data to external SD.
(Android/data folder is moved to “external path/data” ,gameloft/games folder is moved to “external path/games”,and Android/obb is moved to “external path/obb” folder in the SD card)

Pengguna gadget yang advanced yang sudah terbiasa dengan OS Android/linux pasti langsung memindahkan data ke memori eksternal sesuai ketentuan di atas. External path yang dimaksud biasanya adalah sdcard1. Jadi folder data atau games atau obb langsung dibuat pada hirarki 1 tingkat di bawah sdcard1. Secara hirarki menjadi begini:

/storage/sdcard1/data (untuk game dengan kumpulan source data seperti need for speed most wanted)

/storage/sdcard1/obb (untuk game dengan data berekstensi .obb seperti dead trigger)

/storage/sdcard1/games (untuk data game dari gameloft)

Cat: memori eksternal bisa juga di /storage/extSdCard (sesuai dari alokasi storage masing-masing gadget)

Nah, beberapa user yang langsung membuat folder penyimpanan sesuai hirarki di atas kadang-kadang mengalami kegagalan. Biasanya game merujuk ke link download lagi (in my case –> real steel & plants vs zombies 2) atau black screen (in my case –> soul  calibur). Kalau merujuk pada tutorial kaskus ada banyak user yang memiliki banyak alternatif (silakan baca sendiri), kelemahannya tetap harus pura-pura download atau download sekitar 2-5% dari total game hanya untuk memunculkan folder data yang nantinya akan di-replace dengan data game yang sudah didownload. Bagaimana jika tidak ada koneksi WiFi? Bagaimana jika sinyal data plan (GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, LTE) susah? Atau kalau ga punya pulsa???

2Metode lain yang bisa digunakan ternyata menyimpan data di memori internal:

/storage/sdcard0/Android/data

/storage/sdcard0/Android/obb

/storage/sdcard0/gameloft/games

Mainkan game dari luar GL2SD, keluar, lalu masuk GL2SD dan pindahkan data melalui menu GL2SD –> Move Data, mainkan game dari GL2SD.

Have a nice try… ^_^v

Source:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.slf.ListglApp

One comment on “[Tips ‘n Trick] Mengatasi Game Yang Tidak Jalan di Aplikasi GL2SD Android

  1. jono says:

    masih ga ngerti, gan? minta pin donk atau apalah biar bisa belajar lebih terarah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s