[Overview] Belum “Indonesia” Kalau Ga Plagiat

plagiarismSeni Copy Paste. Tentunya sudah banyak masyarakat Indonesia (tanda kutip) yang sering memanfaatkan ilmu berikut. Menyadur suatu tulisan secara mentah tanpa diedit, kemudian dipublikasikan ke dunia maya.

Dalam ilmu sastra, Plagiat berasal dari kata plagiarus (kidnapper). Yang kemudian didefinisikan sebagai pencurian dan pempublikasian bahasa, pikiran, ide, ekspresi dalam bentuk tulisan atau format lainnya yang kemudian diakuisisi dan dinyatakan sebagai hasil karya sendiri.

Contoh plagiasi bisa dilihat di link berikut:

1. Full Plagiarism

Link asli –> Perbedaan Capacitive dan Resistive Touchscreen

Plagiat: http://www.putut.web.id/2011/03/beda-layar-capacitive-dan-resistive.html?m=1

http://techno1gadget.blogspot.com/2012/06/perbedaan-touchscreen-capacitive-dan.html#.U1iGn_tX3Fw

Dari contoh link di atas bisa dilihat pertama dari gaya bahasa tulisannya full ngejiplak. hehehe… Kemudian bisa dilihat dari tanggal pembuatan tulisannya jika dibandingkan dengan tulisan asli. Selain itu juga tidak mencantumkan asal muasal sumbernya.

Contoh lain, link asli –> Magic Mushroom

link plagiat –> Jualan Magic Mushroom Asli Bali

Dari link di atas, dengan memanfaatkan tulisan saya, malah mengeruk keuntungan dengan berjualan. Hehehe. (alhasil blog saya sering kebanjiran comment seputar jual beli magic mushroom hingga masuk di FJB Kaskus #lol padahal saya hanya sekedar berbagi seputar aspek medikolegalnya saja.)

2. Semi Plagiarism

link plagiat –> Jamur Bali (Magic Mushroom)

Saya katakan semi plagiat karena sumbernya dicantumkan. Hanya saja gaya bahasa tulisannya ya, plaaak… nempel jiplakan seperti tulisan aslinya.

Dalam kaidah menyadur tulisan orang lain sebenarnya ada etikanya. Pertama, harus dicantumkan sumbernya jelas (dalam konteks ilmiah bahkan seperti penulisan daftar pustaka, untuk tulisan yang disadur dari internet sebenarnya juga ditambahkan kapan aksesnya). Kedua, mengambil sebagian — bukan semua — kata yang merupakan intisari yang ingin disadur dan menggunakan gaya bahasa sendiri. Ketiga, tidak menerjemahkan mentah-mentah tulisan dari bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia (misal penggunaan transtool atau google translate untuk menjiplak artikel luar).

Beberapa penulis atau blogger yang sopan bahkan terkadang ada yang meminta izin untuk mempublikasikan tulisan orang lain. Sebenarnya kalau kaidah di atas sudah dipenuhi maka sudah tidak diperlukan lagi izin tersebut. ^_^v. Nah kalau di dunia blogging bahkan sudah ada fitur Reblog untuk mengapresiasi karya orang lain.

Pertanyaannya adalah Ngapain sih mempublikasikan tulisan yang sudah pernah ada sebelumnya?

Ada banyak alasan: untuk mengeruk keuntungan (mis. supaya jualan laku), untuk eksistensi (mis. biar dianggap), untuk alasan kemudahan, untuk mengubur/menyamarkan tulisan aslinya (mis. false/fake information), dan banyak alasan lainnya.

Memang sih, plagiasi itu belum dikatakan tindakan kriminal. Hanya masalah etika saja. Tapi dalam dunia akademisi atau jurnalisme itu merupakan sebuah dosa. Dan hanya selama orang yang membuat suatu tulisan belum menerbitkan hak cipta (copyright©). Kalau sudah terbit hak cipta maka ruang lingkupnya sudah hukum.  Tulisan lain yang menggelitik dari mas Sehat Ihsan Shadiqin –> Apa Itu Plagiasi?

Saya pribadi sih, selama tulisan saya belum ada hak ciptanya © silakan aja kalau mau dijiplak. Hahaha…^^ Saya penganut budaya FOSS. Selamat menjiplak menulis…

Whatever the circumstances, an illusion is still an illusion. If something unexpected happens, it can only follow a few guidelines.

A riddle from katanashi no rui: Long ago, there was a master author who spent years writing a wonderful novel. However, another author published the same work. The true author said ‘this is my novel’. And the other said, ‘no this is mine’. Now answer! How do you know which is telling the truth?
Just have them both and continue the story. The fake couldn’t do it. ~ Flame of Recca, ch. 86.

Source:

http://en.wikipedia.org/wiki/Plagiarism

billmuehlenberg.com/res/uploads/2014/04/plagiarism.jpg

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s