Medicine & IT ‘ve the Similarity

Dunia kedokteran dan dunia IT itu ternyata memiliki beberapa kesamaan dalam banyak hal.

computer-with-stethoscopePercaya atau tidak, karena konsep kesamaan tersebut, tidak sedikit jumlah dokter, perawat atau tenaga kesehatan lain yang juga bergelut di bidang IT. Bahkan ada sejawat dokter saya berkata demikian, “Being a doctor is just a hobby. An act for sharing and helping civil society without expecting anything too much. My profession is a security analyst.” Beberapa teman dokter yang lain ada juga yang sambil menjadi game & software developper, phreaker, maupun ethical hacker. Bahkan ada juga teman perawat saya yang dulunya seorang cracker.

Menurut pemikiran saya, beberapa hal yang serupa tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Cara kerja/proses (mis. Virus & Worm)

Dalam dunia kedokteran, virus adalah suatu agen yang bisa menginfeksi sel hidup lainnya, bereplikasi atau memperbanyak diri, mampu menyebar ke seluruh sistem organ, dapat menyembunyikan diri, dapat merubah wujudnya dan tidak bisa aktif tanpa adanya sel hidup sebagai inang.

Rupanya analogi serupa berlaku juga pada virus komputer. Virus komputer dapat menginfeksi file lain, menggandakan diri, bersembunyi, menyebar, berubah wujud dan yang paling penting hanya bisa aktif setelah ada bantuan dari manusianya (misal dengan meng-klik suatu file atau mentransfer si virus dari removable media). Dengan menguasai pengetahuan ini maka kita dapat mencegah dan menanggulangi penyebaran virus.

Lain lagi dengan worm, dalam dunia kedokteran worm (cacing) adalah jenis parasit. Parasit dapat menyebar dan dapat menggandakan diri dengan sendirinya, bedanya parasit lebih cenderung memanfaatkan sumber daya (resource) di sekitarnya dan tidak merusak sel yang ditempati hingga tidak berfungsi total.

Contoh realnya, cacing gelang/tanah (Ascaris Lumbricoides) menyerap semua nutrisi yang berada di saluran cerna, dan telur cacingnya dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah, cacing dewasanya bahkan dapat bermigrasi tanpa mengikuti aliran darah. Di komputer, worm biasanya menyebar sendiri tanpa bantuan aktif manusia, worm ini yang sifatnya memperlambat sistem, menuh-menuhin proses. Dan lagi, setelah menguasai pengetahuan ini, pencegahan dan penanggulangan dapat dilakukan.

2. Istilah atau terminologi atau jargon

Banyak istilah serupa dalam dunia kedokteran dan dunia IT. Ambil contoh virus dan worm tadi. Ada lagi istilah injection, dalam kedokteran berarti memasukkan cairan ke dalam organ tubuh menggunakan jarum suntik, sedangkan dalam IT artinya memasukkan kode atau data yang akan digunakan untuk mengeksploitasi sebuah komputer.

Ada lagi istilah Forensics, dalam kedokteran adalah ilmu yang mempelajari, menganalisis, mengidentifikasi dan mengumpulkan data yang terjadi pada organisme yang masih hidup maupun sudah mati, dengan pemeriksaan luar atau autopsi yang kemudian dilaporkan melalui visum et repertum (VR). Dalam dunia IT maknanya serupa hanya saja objeknya adalah device, hardware ataupun software.

Contoh lain scalpel (pisau bedah), dalam kedokteran adalah alat untuk membuka, menginsisi untuk melihat bagian dalam tubuh atau membuang suatu jaringan yang tidak diperlukan  dan sebagainya. Dalam IT merupakan sebuah software untuk memunculkan file yang sudah terhapus dengan cara membedah allocation sector penyimpanan data.

3. Etika

Dalam kedokteran maupun IT (hacking) sama-sama memiliki kode etik. Di Indonesia, medical ethics tertuang dalam Kode Etik Kedokteran Indonesia (KODEKI). Sedangkan untuk hacking ada istilah Certified Ethical Hacking (CEH). Ternyata isinya pun ada asas-asas yang serupa dan sejalan. contoh:

Dalam melakukan pekerjaan kedokterannya, seorang dokter tidak boleh dipengaruhi oleh sesuatu yang mengakibatkan hilangnya kebebasan dan kemandirian profesi.

Memegang teguh komitmen tidak membela dominasi ekonomi industri software tertentu, tidak percaya otoritas dan memperluas desentralisasi.

…menjaga, memelihara dan menghormati setiap hidup insani mulai dari saat pembuahan…

…menghormati mesin yang di-hack dan memperlakukannya seperti mesin sendiri…

4. Lingkup Area Kerja

Ilmu kedokteran terbagi lagi luas menjadi sub-sub tertentu. ObGyn, Forensic, Pediatric, Internal Medicine, Surgery, Psychiatry, Neurology, Orthopedy & Traumatology, dan lain lain. Ilmu IT terbagi luas juga menjadi sub-sub seperti Forensics, Penetration Testing, Information Gathering (scanning, footprinting dll), Social Engineering, Sniffing/Spoofing, Session Hijacking dan lain-lain.

Secara umum dokter mengetahui dasar-dasar dari ilmu kedokteran, namun untuk yang lebih spesialistik dikuasai oleh dokter spesialis di bidangnya. Begitu pula dengan para profesional IT juga ada spesialisasi bidang masing-masing.

5. Terminologi “Science and Art”

Medicine is science and art. So is hacking. Untuk contoh hacking is science and art bisa lihat di sini Contoh lain misal untuk memunculkan file yang sudah terhapus bisa menggunakan scalpel, foremost atau magicrescue. Semuanya fungsinya sama tergantung dari end-user saja mau menggunakan yang mana sesuai dengan kebutuhan,

6. Always Up to Date

Seorang dosen saya dulu pernah berkata demikian (tahun 2004), “Setengah dari ilmu kedokteran yang kalian pelajari saat ini, 5 tahun ke depan, atau saat kalian lulus sudah menjadi usang dan tidak valid”.  Ilmu kedokteran dan Ilmu IT begitu cepat berkembang dengan pesat. Semua praktisi kedokteran dan IT dituntut untuk selalu up to date.

7. Nerd???

Banyak yang mengatakan kalau orang-orang dalam lingkup kedokteran dan IT itu, nerd, geek, bookworm, mengeksklusifkan diri dan macam-macam istilah lainnya. Terlepas dari itu semua memang tidak salah juga kalau orang awam menganggap pekerjaan ini membosankan.

Seorang dokter patologi anatomi atau dokter mikrobiologi mungkin menghabiskan waktu hingga berjam-jam di lab dan di depan mikroskop. Seorang residen anastesi mungkin menghabiskan waktu berjam-jam berdiri mengatur dan mengevaluasi obat bius dan memonitor kondisi tubuh pasien yang sedang dioperasi di ruang OK.

Seorang progammer bisa jadi menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer untuk scripting & coding. Seorang hacker mungkin bisa duduk diam berjam-jam menghabiskan waktu untuk memantau jaringan atau meng-crack-ing sebuah password.

Yet this is our world… And yes, I’m a criminal. My crime is that of curiosity. My crime is that of outsmarting you, something that you will never forgive me for.

…after all, we are all alike…

Source:

http://www.dikti.go.id/files/atur/sehat/Kode-Etik-Kedokteran.pdf

http://phrack.org/issues/7/3.html

pic: http://www.ithubni.com/wp-content/uploads/2012/11/computer-with-stethoscope.jpg

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s