Alopecia: Cegah Kebotakan Sedini Mungkin

Rambut Anda mulai rontok? Berminyak dan gampang patah? Bisa jadi itu merupakan tanda awal kebotakan. Apakah itu disebabkan faktor genetik? Ataukah infeksi dan reaksi alergi? Simak lebih lanjut…

alopecia1Rambut rontok atau kebotakan dalam istilah medis dikenal dengan sebutan alopecia. Terdapat beberapa istilah alopecia. Androgenic Alopecia adalah kebotakan yang sifatnya diturunkan dari genetik dan hanya terjadi pada laki-laki. Alopecia Areata merupakan kebotakan pada spot-spot tertentu berukuran kecil akibat kondisi autoimun seperti pada penyakit lupus di mana sel antibodi tubuh menyerang organ tubuh sendiri, dalam hal ini rambut. Sedangkan berdasarkan luasnya, jika mengenai seluruh bagian rambut pada kepala disebut Alopecia Totalis. Namun jika mengenai seluruh bagian kepala dan seluruh anggota tubuh lainnya disebut Alopecia Universalis.

Apa Saja Tanda dan Gejalanya?

  1. Rambut rontok berlebihan: Jumlah rambut manusia di area kepala sekitar 100.000 s/d 150.000 helai. Jumlah rambut rontok bervariasi dalam waktu 1 hari, batas maksimalnya adalah 100 helai. Tanda awalnya tampak rambut rontok saat bangun tidur, menyisir rambut dan setiap keramas dengan jumlah yang banyak.
  2. Perubahan kondisi kulit kepala: Kulit kepala yang terlalu kering maupun berminyak dapat menyebabkan rambut rontok.
  3. Gangguan psikologis: orang-orang yang mengalami penipisan rambut atau kebotakan biasanya menjadi kurang percaya diri, cemas, merasa tidak punya daya tarik dan bahkan bisa menjadi stress.

Apa saja penyebabnya?

Genetik. 95% dialami oleh laki-laki dan sangat jarang terjadi pada perempuan. Jika seorang ayah menderita alopecia, besar kemungkinan akan menurun pada anak laki-lakinya. Sedangkan pada anak perempuan tidak akan muncul dan hanya menjadi pembawa (carrier) yang selanjutnya akan diturunkan lagi pada generasi selanjutnya.

Nutrisi. Asupan makanan yang buruk seperti defisiensi biotin, protein, zinc dan zat besi dapat menyebabkan penipisan rambut. Sementara makanan yang mengandung tinggi lemak hewani, fastfood, dan vitamin A yang berlebih dapat juga menyebabkan rambut rontok.

Infeksi. Penyebabnya antara lain jamur dan bakteri seperti pada syphillis sekunder, tinea capitis dan folliculitis.

Obat-obatan. Dapat menyebabkan gejala yang menetap maupun temporer. Khususnya obat-obatan untuk penyakit diabetes, jantung, kolesterol dan antihipertensi tertentu. Obat-obatan yang mempengaruhi kerja hormon juga dapat menyebabkan efek yang sama seperti pil KB, steroid, anti jerawat. Selain itu ada juga obat-obatan kemoterapi yang memiliki efek penipisan rambut yang paling berat.

Trauma. Luka tertentu yang menyebabkan rambut terkikis atau kulit rambut terkoyak dapat menyebabkan kebotakan yang menetap. Selain itu bekas operasi pada kepala juga dapat menimbulkan keluhan serupa.

Lain-lain. Polusi udara dan air, racun, limbah lingkungan merupakan faktor lain yang dapat menyebabkan keluhan serupa. Kondisi yang berhubungan dengan sistem imunitas seperti asthma, alergi, dermatitis atopik, dan hipotiroid juga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya alopecia.

Alopecia Totalis Stadium VI

Alopecia Totalis Stadium VI

Bagaimana proses terjadinya?

Folikel rambut memiliki siklus pertumbuhan. Siklus diawali dengan fase pertumbuhan dan pemanjangan rambut (anagen), fase transisi (catagen), fase istirahat (telogen), dan pada akhir fase rambut akan rontok (exogen). Rambut yang rontok tadi akan digantikan dengan rambut yang baru. Alopecia terjadi karena rambut sudah banyak yang rontok di akhir fase telogen. Dikenal dengan istilah Telogen Effluvium.

alopecia5Dalam keadaan normal, pada seorang laki-laki dewasa rambut mencapai fase akhir istirahat dan akan rontok setiap harinya di antara 0-78 helai dengan rata-rata 40 helai. Ketika mencapai lebih dari 100 helai per hari maka kondisi klinis alopecia akan terjadi.

Penatalaksanaan Alopecia. Dapat dilakukan dengan berbagai alternatif misalnya seperti pengobatan dengan menggunakan finasteride, dutasteride, dan minoxidil. Atau dengan suntikan corticosteroid pada kulit kepala rambut yang rontok. Metode lain yakni dengan pembedahan dan transplantasi rambut, namun metode ini memiliki resiko infeksi dan harganya relatif mahal. Sekali proses pembedahan sudah dilakukan, maka perlu menunggu waktu selama 6-8 bulan hingga folikel rambut transplant dapat dinilai kondisinya. Alternatif bagi yang tidak menginginkan prosedur medis maupun prosedur bedah bisa menggunakan wig dengan kualitas yang tinggi secara temporer maupun permanen.

alopecia4Berbagai penelitian dan riset ilmiah dilakukan untuk menemukan formula (mulai dari krim rambut, conditioner hingga shampoo) untuk mencegah bahkan mengobati kebotakan, namun hasil yang ada hingga saat ini belum memuaskan. Sintesis DNA juga telah dilakukan untuk mengetahui sel genetika yang berperan dalam kerontokan rambut.

Adapun tips yang dianjurkan jika sudah mulai ada tanda kerontokan rambut:

  • Hindari sengatan terik matahari
  • Hindari menggunakan penutup kepala seperti topi, helm dsj dalam waktu lama jika sedang berada di area yang tidak terpapar sinar matahari atau di dalam ruangan atau bukan di area kerja yang membutuhkan APD
  • Jangan berganti-ganti shampoo, conditioner, hair gel, minyak rambut dan semacamnya. Sesuaikan dengan kondisi rambut dan kulit kepala
  • Cegah jangan sampai muncul ketombe. Ketombe menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan berkerak yang akhirnya menghambat nutrisi untuk folikel rambut
  • Keringkan rambut setelah keramas untuk mencegah terjadinya infeksi jamur, namun demikian minimalisir penggunaan blower karena dapat menyebabkan rambut pecah, bercabang dan rontok

Rambut adalah mahkota. Oleh karena itu perlu dijaga dengan baik kesehatan rambutnya dengan penuh kesabaran. Ibarat pepatah ”Seperti menarik rambut dalam tepung, rambut jangan putus, tepung jangan bergoyang”

Source:

http://www.medicinenet.com/alopecia_areata/article.htm

http://www.provenhairgrowth.net/hair-loss/alopecia

http://en.wikipedia.org/wiki/Hair_loss

http://www.gardnerdermatology.com/alopecia-treatment.php

http://en.wikipedia.org/wiki/Alopecia_areata

3 comments on “Alopecia: Cegah Kebotakan Sedini Mungkin

  1. untuk menumbuhkan rambut botak diperlukan perawatan ekstra seperti menggunakan tonic penumbuh rambut

  2. Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat. Mengatasi rambut rontok memang membutuhkan kesabaran ekstra. Perawatan rambut dapat dilakukan dari luar maupun dalam tubuh, untuk perawatan dari luar dapat dilakukan dengan cara perawatan di salon seperti creambath, hair mask, dan perawatan khusus lainnya, sedangkan untuk perawatan dari dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut🙂

  3. […] future anticipated rate is an important aspect of Brossard Alopecia Kenalog all for people who deal in the International currency market or the Forex […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s