Selayang Pandang Yogya 2014

Yogyakarta. Yang terkenal dengan sebutan kota budaya. Or rather the city of hackers. Memiliki banyak nuansa dan daya tarik yang sayang untuk diabaikan.

Tahun ini, giliran kota Yogya yang menjadi persinggahan saya di sela-sela kesibukan dunia kerja. 2 minggu di kota ini. 1 minggu untuk pelatihan hiperkes dan 1 minggunya lagi cuti tahunan. Terakhir saya ke kota ini tepat 10 tahun yang lalu, sudah banyak perubahan yang berarti. Saya jadi pangling.

Seperti biasa, hal penting yang perlu diperhatikan selama berwisata yakni penginapan dan transportasi. Untuk yang koceknya pas-pasan biar hemat cari saja kost bisa hitungan seminggu atau sebulan dengan kisaran harga IDR 250.000-300.000. Atau kalau yang sedikit berada silakan cari hotel yang sekalian di pinggir jalan utama Jl. Malioboro dengan rate IDR 700.000 up/ hari. Untuk kostnya jika saya bandingkan di beberapa kota lain, standard saja. Namun untuk hotel, dibandingkan dengan jenis yang sama di kota lain harganya sedikit ga waras. Hotel dengan brand yang sama atau sekelas dengan interior yang lebih baik bisa lebih murah sekitar 200.000 hingga 300.000. Entah apa yang dijual, bisa jadi lokasinya yang membuat harga hotelnya mahal.

Untuk transportasi, mending rental sepeda motor dengan rate IDR 60.000/hari (matic), IDR 50.000/hari (manual). Atau bisa juga naik trans yogya, sekali naik bayar IDR 3.000 ke mana saja sesuai dengan rute dan trayek yang ada. PETA_CETAK_A2-page-001Hati-hati jika naik becak, kalau ga bisa nawar sadis, biasanya ketipu. Jangan sekali-sekali mau naik kalau ga nentukan harga di awal. Pastikan untuk selalu menggunakan GPS dan Map semacam google map, waze dsb. Becak di kawasan malioboro kadang menawarkan harga cuma IDR 5.000, tapi itu pasti diajak mutar nyari bakpia dulu sesuai dengan toko bakpia yang sudah kerjasama dengan tukang becak. Untuk andong, sekali mutarin malioboro atau dari malioboro ke arah alun-alun utara, terus balik lagi ke malioboro biasanya dipatok harga di kisaran IDR 70.000 (kalau pandai nawar dapat aja IDR 50.000)

Di sela kegiatan pelatihan hiperkes, kami (saya & beberapa teman lainnya) curi-curi kesempatan (baca: bolos) 1 hari full dari total 6 hari pelatihan. Hanya untuk jalan-jalan. Kami menyewa mobil panther dengan harga IDR 200.000/24 jam. Tujuan kami saat itu ada 2, prambanan dan parangtritis. Sementara situs-situs lainnya saya kunjungi pada waktu di luar pelatihan hiperkes.

Tidak seperti tulisan saya Selayang Pandang Bali 2013, kali ini wisata & kuliner akan saya buat per list. Here we go.

Prambanan. Tidak afdhol rasanya jika pergi ke Yogya tidak mengunjungi candi ini. Sebenarnya candi prambanan ini  berada di perbatasan wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Saya tidak akan mengulas bagaimana legenda candi ini, kisah Bandung Bandawasa dan Roro Jonggrang, serta epic relief hindu (Krisnayana & Ramayana) pada bangunan ini, bagi yang belum tahu bisa lihat di sini atau googling sendiri🙂 Harga tiket masuk candi ini IDR 30.000, namun jika yang diambil adalah paket Candi Prambanan & Candi Ratu Boko harga IDR 45.000 (include transport shuttle bus ke situs candi boko yang terletak di perbukitan sekitar 3 Km arah selatan candi prambanan).

IMG_0735Jika berkunjung ke Candi Prambanan, hindari saat-saat matahari terik. Soalnya panasnya super sekali, bisa membuat heat exhaustion. Ditambah dengan kompleks candi utama yang berpasir dan sesekali ditiup angin kencang. Sewa payung di pelataran parkir prambanan, harga IDR 5.000. Terakhir yang ga kalah penting, harga barang buat oleh-oleh di sini relatif lebih murah dibanding kawasan malioboro. Tengok saja misal macam gantungan kunci: di prambanan IDR 1.000/item (bonus 1 jika beli 10), di malioboro IDR 5.000/3 item.

IMG_1150

Parangtritis. Tidak banyak yang bisa diceritakan dari pantai di kawasan ini, selain legenda Nyi Roro Kidul yang terkenal (cek di sini dan di sini). Pantai ini menghadap ke arah selatan dan berhadapan langsung dengan samudera hindia, otomatis gelombangnya besar, anginnya kencang, dan juga potensi tsunami lebih besar. Jika menghadap ke pantai maka di arah timur akan terlihat perbukitan tebing, sementara lebih ke barat terdapat pantai depok (masih termasuk kawasan parangtritis). Di pantai depok ini tersaji aneka macam rumah makan seafood. Sama seperti di Bali di kawasan Kedonganan, rumah makan sea food di sini hanya menyediakan jasa “memasak” atau mengolah seafood. Nah lho? Ikannya? Ikan dan jenis hewan-hewanan laut lainnya bisa dibeli di kawasan pasar segar di area itu juga. Prinsipnya jangan lupa menawar. Oh iya 1 lagi, di kawasan pantai ini ada ATV (All Terrain Vehicle) yang bisa disewa dengan harga IDR 50.000-100.000/30 menit.

Kraton & Alun-alun Utara. Saya gabung karena letaknya berdekatan. Masuk ke area kraton bayar tiket seharga IDR 5.000/orang. Murah memang. Jika ingin, kita bisa berkeliling dengan dipandu abdi dalem. Dengan dipandu, maka kita bisa tahu sejarah dan lain-lain seputar kraton, lalu diajak melintasi permukiman abdi dalem sampai ke tempat belajar membatik dan galeri lukisan batik. Uniknya di sini beberapa lukisan menggunakan tinta yang dicampur serbuk emas (if i’m not mistaken) sehingga warnanya semakin berpendar jika kena cahaya. Dan juga ketika digosok atau digores dengan kuat, tidak luntur, tidak pudar, tidak rusak. Harga lukisan di galeri ini bermacam-macam sesuai dengan ukuran. Kelebihannya jika membeli lukisan di sini garansinya 30 tahun. Dan nilainya akan terus bertambah. Jika bosan, bahkan beberapa tahun ke depan bisa datang kembali dan menukar dengan lukisan lain yang diingankan. Atau jika punya lukisan yang pelukisnya sudah wafat maka bisa dijual ke galeri ini dengan harga yang sangat tinggi.

Courtesy of newsgallusia.wordpress.com

Courtesy of newsgallusia.wordpress.com

Alun-alun utara berada di sisi utara keraton. Yang khas di sini, coba cari di pojokan sebelah timur ada warung Bakmi Pele. Ada varian bakmi goreng, bakmi godhog dan nasi goreng. Rasanya pas. Wajib dicoba dan selalu ramai. Saya pernah ngantri selama 1 jam hanya untuk sepiring bakmi goreng + es tape + wedang ronde di warung bakmi pele ini. Penasaran lihat ini, ini dan ini.

Di sisi lain alun-alun utara ini ada masjid agung kraton Yogya (Masjid Gedhe Kauman) dan museum sonobudoyo.

Alun-alun Selatan. Yang doyan hal-hal berbau mistik pasti senang dengan spot yang satu ini. Di tengah-tengah alun terdapat gapura berjarak lebar yang diapit dengan dua pohon beringin yang besar. Legenda setempat katanya siapa saja yang bisa melewati gapura yang diapit pohon beringin tadi dalam keadaan mata tertutup, maka cita-citanya akan tercapai. Ada juga yang mengatakan kalau berhasil lewat, maka hatinya bersih.

Courtesy of kaskus.co.id

Courtesy of kaskus.co.id

Unik memang, saya penasaran mencoba di malam hari. Percobaan pertama, saya berhasil masuk ke bagian tengah gapura, sedikit lagi, namun terbentur sisi bagian dalam gapura kiri hampir keluar dari tengah. Pada percobaan pertama saya bergerak cepat dengan sangat yakin dengan gaya à la Desmond Miles di Assassin’s Creed (mata tertutup kain, hoodie terpasang). Belajar dari pengalaman pertama, akhirnya saya mencoba menganalisis mulai dari tekstur dan kontur tanah, sudut gapura dari bangunan kraton (ternyata tidak tepat tegak lurus), faktor cahaya di malam hari, intervensi suara dan posisi kerumunan pengunjung lain yang turut mencoba, sampai perhitungan jarak, sudut, jurusan tiga angka dll berdasarkan ilmu matematika dan fisika. Berbekal itu saya mencoba lagi. Satu. Dua. Tiga. Semuanya gagal.

Akhirnya di percobaan keempat saya pakai trik lain. Saya sudah memperkirakan jarak, kecepatan, dan posisi kerumunan pengunjung lain. Tepat ada dua kerumunan yang saya incar, artinya kalau nabrak mereka, posisi saya sudah benar. Ternyata teman saya sudah membaca gelagat akal bulus saya. Kerumunan dicerai-beraikan. Tapi saya juga sudah mengantisipasi itu. Saya teringat kata-kata seorang teman lainnya yang bilang kalau triknya adalah “keteguhan hati”. (Konon tempat ini dijadikan sarana latihan/ujian buat prajurit dan abdi dalem). Saya pun meneguhkan hati. Saya tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Tapi di percobaan yang keempat ini berbeda dengan yang sebelumnya. Saya terhenti tiga kali. Ya 3x. Tanpa sebab yang jelas. Saya tiba-tiba merasa seperti ditelan kegelapan. Hening. Gravitasi terasa menahan kaki saya. Dan ada perasaan nyess yang absurd. Saya melanjutkan. Dan ternyata salah arah.

Saya ceritakan momen absurd tadi ke teman-teman lainnya. Dan mereka bilang saya tadi benar-benar sudah lurus. Pas. Tapi beberapa jengkal terakhir, tiba-tiba saya berputar 70-80 derajat. +_+ Weird. Dan saya berhenti mencoba. Kesimpulan terakhir yang saya tarik, pada percobaan terakhir saya terlalu sombong dan yakin pasti bisa lewat. Hati saya teguh, tapi tidak bersih +_+

Hiburan lain di alun-alun selatan ini adalah odong-odong berhiaskan lampu seri yang dikayuh dan sepeda tandem. Odong-odong ini saya hanya berhasil nawar di harga IDR 20.000 untuk sekali putaran. Mungkin bisa lebih murah lagi kalau nawarnya sadis.

IMG_0917Angkringan Kopi Joss. Ke yogya rasanya kurang mantap kalau ga pergi ke angkringan. Cuma di kota ini saya merasakan orang ga risih atau gengsi untuk lesehan di mana saja. Di pinggir jalan, di trotoar, di depan mall, di mana saja. Mulai dari gembel sampai bos eksekutif semuanya berbaur tanpa kasta dan strata. Like this so much.

Ada banyak angkringan di yogya, banyak yang ngerekom angkringannya Pak Agus, dekat dengan stasiun tugu dan selalu ramai. Katanya sih angkringan Pak Agus ini merupakan angkringan yang paling lama dan pelopor di antara angkringan lainnya. Selain ke Pak Agus saya sempat juga cobain beberapa angkringan lain. Salah satunya angkringan gareng petruk yang lebih dekat dengan monumen tugu.

DSC_0471Total harga makanan & minuman di atas IDR 19.000. Murah kan? Oh iya, yang belum tahu apa itu kopi joss, yakni kopi yang seperti kopi hitam biasanya cuma ditambah arang. Terus apa kelebihannya? Pertama, kopinya jadi awet panasnya. Cocok buat berlama-lama ngangkring sambil melepas galau dan penat #lol. Kedua, berdasarkan penelitian mahasiswa UGM, arang menyebabkan unsur cafein pada kopi menjadi berkurang (decaffeinated). Ketiga, berdasarkan ilmu kedokteran arang merupakan unsur karbon aktif yang dapat menyerap racun dan lemak yang berlebihan dari saluran pencernaan. Tengok saja banyak di UGD, datang pasien keracunan, malah disuruh minum norit yang komposisinya karbon aktif.

mapzoomoutGembira Loka Zoo. Saya lupa terakhir kali ke sini kalau tidak salah tahun 96. Dari foto-foto di zaman lawas, dengan keadaan yang ada sekarang tampak jauh berbeda. Harga tiket masuk IDR 20.000. Tapi saya ambil yang plus naik perahu kataraman dengan harga IDR 25.000. Kalau ga paket, harga kataraman IDR 10.000. Selain fauna, ada banyak juga wahana permainan di sana, mulai dari ATV, banana orca, perahu senggol, speed boat, perahu kayuh, terapi ikan, kolam tangkap, gajah tunggang, onta tunggang dll. Saya nyewa sepeda dengan harga IDR 15.000 untuk muterin satu kebun binatang. Masing-masing wahana bervariasi harganya mulai dari IDR 5.000-25.000.

IMG_1055

Untuk wahana kolam tangkap bayar seharga IDR 10.000, sementara untuk terapi ikan bayar IDR 20.000. Kolam sentuh gratisan, tapi ikannya jangan dikasi makan atau diangkat dari kolamnya ya, hehe…

IMG_1069Silakan dieksplorasi sendiri sesuai map yang ada itu… Kalau mau dikunjungi semua bisa gempor juga sih kaki, hehehe…

Taman Pintar. Lokasi taman pintar ini tepat bersebelahan dengan taman budaya dan ga jauh-jauh dari jalan malioboro. Di sini kita bisa menemukan banyak gedung. Ada gedung PAUD untuk anak 2-4 tahun bermain, kerennya bahkan lengkap dengan serial komputer yang sudah diset untuk usia anak kecil. Ada gedung memorabilia, di mana di dalamnya terdapat benda-benda, foto-foto, dan data-data sejarah, lengkap dengan tablet jumbo yang berisi kumpulan fakta sejarah. Ada gedung oval, yang di dalamnya terdapat zona-zona, zona fisika, zona matematika, zona kehidupan purba, zona robot dan zona-zona lainnya. IMG_0940IMG_0964Di dalam gedung oval ini banyak sekali alat peraga yang bisa kita coba, ada juga perangkat yang bisa dimainkan dengan joystick PS/ remote control, banyak lah, wajib dicoba sendiri. Hati-hati dengan alat peraga yang bisa membuat rambut berdiri, kalau prosedurnya tidak dilakukan dengan benar plus anggota tubuh berkeringat khususnya tangan, siap-siap aja kesetrum +_+ I did. I was electrocuted (but not ’till death)

IMG_1005IMG_1006IMG_1019 IMG_1026Dasar namanya taman pintar, pintarnya lagi pengelola membuat tempat semacam mini market sebelum keluar dari area gedung oval. Dan setelah keluar dari gedung, kita langsung disambut dengan toko-toko yang menjual beraneka ragam buku mulai buku pelajaran sekolah hingga buku pengetahuan umum lainnya. Pintar memang.🙂

IMG_1038The House of Raminten. Mau makan dengan harga murah dan kental dengan suasana yang jawa banget? Berkunjunglah ke raminten. Di sini kadang kita bisa menunggu dulu untuk reservasi tempat. Suara musik jawa, waitress yang memakai kemben, aroma bebungaan, sajian menu yang unik dan enak membuat kita dapat merelaksasikan pikiran di saat penat.

Nah kalau ada yang penasaran siapa itu sosok raminten dan ulasan lain The House of Raminten silakan cek di sini dan di sini. Ulasan yang kedua bagus sekali untuk perenungan. Hehe…

IMG_1042Di atas itu gudeg komplit harganya IDR 18.000. Ayam koteka seharga IDR 12.000. Nasi liwet yang dipojok kiri bawah itu sangat langka didapat. Saya baru berhasil dapat pada kunjungan kedua, harganya IDR 3.ooo. Ada banyak aneka makanan dan minuman di sini. Unik dan murah. Kalau minuman saya sukanya es kelapa dengan ukuran gelas akuarium seperti di bawah.

IMG_1039Es kelapa di atas berisi kelapa, sirup cocopandan dan nata de coco. Lirik-lirik ke meja lain, ternyata ada gelas akuarium lain yang ukurannya lebih besar, hahaha…

Kali Milk. Tempat yang asyik untuk nongkrong. Menyehatkan. Kenapa? Biasanya kalau nongkrong di kafe yang kita cari kopi atau coklat, nah hanya di sini kita bisa nyusu. Karena banyak dari varian minuman yang dijual adalah susu sapi segar. Kafe ini terletak di jalan kaliurang.

DSC_0519Gudeg Yu Djum. Tak jauh dari Kali Milk, kita bisa menemukan gudeg Yu Djum, salah satu gudeg terbaik di kota Yogya. Selain Yu Djum ada beberapa gudeg lain. Tapi kalau nyari gudeg kering ini yang terbaik. Bagi turis baik lokal maupun asing banyak yang cocok karena rasanya gurih dan pas, tidak terlalu manis.

Courtesy of Clara Rondonowu

Courtesy of Clara Rondonowu

Gudeg Yu Djum ini bisa kita temui di tiga tempat, Jl. Wijilan, Jl. Kaliurang dan Jl. A. M. Sangaji. Review gudeg ini bisa dicek di sini dan di sini. Untuk oleh-oleh disediakan paket dalam besek atau kendil dan harganya pun bervariasi sesuai dengan item yang dipilih.

Jejamuran. Rumah makan ini terletak di area menuju Sleman. Segala macam varian makanan dan beberapa minuman serba jamur ada di sini. Pemilik tempat ini membudidayakan jamur dan kemudian mengolahnya. Minuman yang recommended di tempat ini adalah summer breeze. Segar dan menyegarkan.  Untuk oleh-oleh ada juga dijual aneka kripik jamur.

DSC_0482Rindu Alam Bambu Resto. Terletak ga jauh dari candi prambanan. Pas banget setelah panas-panasan singgah makan di sini. Di tempat ini yang lebih dijual adalah suasana alamnya. Tapi untuk rasa juga mantap dan harga relatif standard. Ada wahana air buat anak-anak bermain pelungsuran, mandi bola, ayunan dan lainnya.

IMG_1160IMG_1170

Benteng Vredeburg. Terletak tepat di ujung jalan malioboro sebelah kiri sebelum simpang empat yang menuju kraton. Mengenai latar belakangnya silakan cek di sini Sementara untuk review lebih lanjut tengok di sini. Dekat dari benteng Vredeburg, kita dapat menjumpai Monumen Serangan Umum 1 Maret. Di sini biasanya diadakan pagelaran tari atau pentas budaya lainnya di malam hari. Tepat di depan kedua situs ini yakni di trotoar jalan, banyak aktivitas komunitas di yogya. Dapat kita jumpai komunitas fotografi dan komunitas cosplay.

Mirota Batik. Di lantai pertama dijual batik mulai dari harga murah sampai mahal, di lantai kedua dijual segala pernak-pernik kerajinan (tas, lukisan, patung, hiasan, gantungan kunci, sandal jepit, dompet, stiker, dan lain-lain sampai tabung gas portable), di lantai ketiga ada café, nursery room, musholla dan tempat pertunjukan cabaret. Mirota batik ini yang punya juga pemilik House of Raminten tadi.

Mau bawa pulang oleh-oleh? Tentunya Yogya terkenal dengan bakpia. Tapi sejauh ini bakpia terbaik yang pernah saya cicipin di Yogya ya Bakpia Kurnia Sari. Yang terbaik yang rasa keju. Beda dengan keju-kejuan di bakpia pathok lainnya.🙂 Ada 3 tempat yang khusus menjual bakpia ini. Tapi yang paling sering dicari yang di Ring Road Utara bersebelahan dengan sekolah musik Ahmad Dhani. Langsung lirik aja di situs resminya. Rada mahal memang ketimbang bakpia lain, but it’s worth it.

Bakpia-Kurniasari-Rasa-Keju-Isi-15-Biji_2Oleh-oleh lain bisa juga cokelat. Ada beberapa cokelat yang baik untuk oleh-oleh. Cokelat monggo dengan varian isinya yang unik (isi jahe, kemiri dll), cokelat ‘ndalem, chocodot Cokelat Tolak Miskin dll. Btw cokelat monggo ini langsung dibuat oleh orang bule Belgia. Review lebih lanjut cek di sini.

DSC_0475

Tempat wisata & kuliner lain yang layak dikunjungi pemandian tamansari, taman budaya, pasar beringharjo, soto sulung stasiun tugu, sop ayam pak min klaten, oseng mercon tugu, purawisata, museum sonobudoyo, taman lampion ringroad.

Ada dua tempat wajib yang harusnya saya kunjungi tapi tidak kesampaian: LIP (Lembaga Indonesia Perancis) & ruang fokus medianya X-Code  (komunitas hacker berbudaya berbasis yogya). Too bad… +_+

Begitulah sekilas perjalanan saya di Yogya, sampai jumpa di Selayang Pandang selanjutnya. Pesan saya, sempatkanlah berpetualang, carilah wawasan dan pengalaman baru, jangan seperti katak dalam tempurung atau ikan hias dalam akuarium.

The world is like a book, and those who don’t travel, just read a page, or maybe even just a cover.

Source:

Pictures: courtesy of its owner or my own

http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_Ratu_Baka

http://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Prambanan

http://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Benteng_Vredeburg

http://afastar.wordpress.com/2013/07/20/berkunjung-ke-museum-vredeburg/

http://id.wikipedia.org/wiki/Nyi_Roro_Kidul

http://en.wikipedia.org/wiki/Nyai_Roro_Kidul

http://kulinerku-enak.blogspot.com/2013/01/bakmi-pele.html

http://newsgallusia.wordpress.com/2013/04/04/bakmi-pak-pele-warung-para-pecinta-bakmi-jawa/

http://www.banyumurti.net/2009/10/kuliner-106-bakmi-nasi-goreng-pak-pele.html

http://www.wego.co.id/berita/5-gudeg-paling-enak-di-yogyakarta/

http://travel.kompas.com/read/2014/04/04/1425513/Gudeg.Yu.Djum.Aromanya.Sangat.Khas.

http://www.kurniasaribakpia.com/p/produk.html

Dedicated to Miftah Fawzy Sarengat, May he rest in peace.

 

2 comments on “Selayang Pandang Yogya 2014

  1. GGS team says:

    bukan panther tp kijang… :0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s