[Command-Fu] Mencari Lokasi File di Windows

Dalam dunia nyata, jika kita tersesat saat mencari suatu alamat atau lokasi kita bisa menggunakan peta kertas maupun digital, GPS, papan penunjuk arah, foursquare dsj, hingga beragam aplikasi mapping yang sudah tersedia di smartphone. Bagaimana jika tersesat di dunia maya? Gampang, masih ada google. Yang repot jika tersesat dan kehilangan lokasi suatu file penting dalam Operating System.

command where & attribAda 2 command yang bisa diandalkan untuk situasi seperti ini. Yakni command attrib dan where. Sebenarnya attrib juga bisa untuk mengganti attribut dari suatu file, misal memunculkan/menghilangkan archive, read-only, hidden, system hidden. Dalam contoh di atas saya mencari keberadaan file 1.png yang saya (ceritanya pura-pura) lupa di mana lokasinya. Hold on a sec, pasti banyak yang tanya kenapa repot-repot dari cmd? Bukannya ada fitur pencarian yang sudah disediakan windows? Nah, kelebihan dari baris perintah akan saya jelaskan paling bawah.

Pada perintah pertama where, syntax yang saya gunakan adalah /R yang artinya recursive (menyeluruh hingga ke sub-sub folder), dilanjutkan lokasi yang ingin dicari dan nama file. Dapat kita simpulkan sebagai berikut:

where /R lokasiyangingindicari namafile

Pada perintah kedua attrib, syntax yang saya gunakan adalah /s yang artinya mencari file yang cocok pada folder saat ini dan sub-sub folder di bawahnya dan /d yang artinya juga memunculkan data yang berupa folder, kemudian dilanjutkan dengan nama file. Dapat kita simpulkan sebagai berikut:

attrib /s /d namafile

Anda juga bisa menggunakan wild card untuk memudahkan proses pencarian. Kelebihan wild card yakni kita bisa mencari file yang kita hanya ingat sebagian namanya, atau hanya kita ingat ekstensinya, atau memang ingin mencari kelompok file dengan jenis serupa. Contoh paling real misalnya anda sedang pinjam komputer teman, terus ingin mengecek apa ada film biru dengan ekstensi mp4, akan sangat praktis jika menggunakan wild card dan semua lokasi file dengan ekstensi mp4 akan segera muncul. Atau misal anda mencari apakah di dalam komputer ada lagu (mp3) yang judulnya mengandung kata “cinta”, dengan ini akan segera muncul.

Wild card yang dapat digunakan pada windows hanya ada dua yakni:

* : mewakili seluruh karakter yang ada

? : mewakili hanya 1 karakter

command attrib

Mencari lokasi file dengan command attrib

command where

Mencari lokasi file dengan command where

where  bisa mencari file dari direktori mana saja, namun tidak memiliki kelebihan seperti yang dimiliki attrib yang saya jabarkan di atas. Jadi jika menggunakan attrib kita harus berpindah ke lokasi direktori yang diinginkan. Untuk mengetahui syntax dan opsi lain maka setelah perintah where maupun attrib, ketikkan /? Dan perlu diingat, baris perintah di Windows semuanya case insenstitive

Kelebihan pencarian file dari baris perintah antara lain:

1. Proses pencariannya super cepat

2. Dapat memunculkan lokasi banyak file sekaligus

3. Dapat mencari proses dari suatu virus, malware dan semacamnya yang sedang berjalan

4. Dapat memunculkan file bahkan yang sampai system hidden sekalipun

5. Dapat mencari file sesuai dengan ketentuan yang dibuat sendiri

6. More geeky and hackers-like😛

Silakan berkreasi dengan syntax dikombinasi dengan wild card😀 Untuk command di linux segera menyusul. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s