Akses Komputer dari Jarak Jauh dengan TeamViewer

Mengontrol komputer dari jarak jauh mungkin menjadi impian sebagian besar orang jika mendengar kata hacking atau hacker. Dan di kalangan penikmat IT (IT enthusiast) seperti saya, ilmu seperti ini juga yang paling demen dicari. Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan menulis tentang metode metasploit, ssh, rdesktop, vncviewer, ftp, telnet dan semacamnya untuk mengakses bahkan mengeksploitasi komputer dari jarak jauh. Saya akan sedikit memaparkan sebuah aplikasi bernama TeamViewer.

Untuk deskripsi lengkap tentang apa itu TeamViewer dan download aplikasinya silakan ke situs official TeamViewer

Kelebihan dari aplikasi ini dapat support di hampir semua multiplatform OS –> windows, linux, mac, android. Juga selain fitur remote desktop, ada fitur untuk meeting online, chat, VoIP, Video Call dan Presentation. Memang fitur ini ditujukan untuk bekerja bersama tim, jadi bukan untuk mengambil alih komputer orang🙂

Transfer File dr Windows 7 ke Kali Linux

Transfer File dr Windows 7 ke Kali Linux

Gambar di atas waktu saya melakukan percobaan dengan adik saya menggunakan 2 buah laptop. Yang satu dengan OS Kali Linux 1.09 dan yang lain dengan OS Windows 7 Ultimate. Dari laptop yang terinstall kali linux, di monitor tampak jelas tampilan Windows 7 di laptop yang satunya saat terkoneksi. Pada percobaan di atas saya mengetes transfer file dari laptop windows yang di-remote ke laptop kali linux. Dan prosesnya cepat, tanpa ba bi bu, kalau saya bandingkan prosesnya sama seperti kita mendownload dengan protokol FTP.

Screenshot from 2014-12-28 17:52:43

Ngetes Perintah dari Command Prompt

Di gambar kedua perhatikan pada sisi atas terlihat ada menu bar Application dan Places. Ini merupakan khas Desktop Environment Linux yang berjenis Gnome. Dan perhatikan layar dari tampilan Windows 7 yang diremote juga tidak full. Jadi persis seperti tampilan VNC atau remote desktop lainnya. Enaknya sambil monitoring, kami bisa melakukan chat dengan fitur dari TeamViewer. Dan apapun yang saya lakukan pada laptop yang di-remote, akan terjadi, seolah-olah saya memang berada di laptop yang satunya.🙂 Pada percobaan di atas saya menjalankan perintah di command prompt windows, dan tentunya jika perintah yang saya masukkan di atas dieksekusi maka laptop yang di-remote akan mati🙂

Kerennya lagi keyboard shortcut juga jalan, misal ketika saya tekan ctrl+alt+del atau windows+R. Cuma ketika adik saya mengaktifkan Keep KeyLock (lihat gambar gembok di menu bar windows) maka saya tidak bisa mengakses keyboard shortcut dan semua menubar di windows, hanya bisa menggerakkan mouse.

Uji coba juga pernah saya lakukan dari Kali Linux ke Linux Mint, dari Windows 7 ke Kali Linux, dari Windows 8 ke Windows 7, dari Linux Mint ke Android X86. Semuanya lancar jaya. Artinya anda bisa menjalankan OS apapun yang dikontrol dari OS apapun yang mengontrol selama anda menguasai pengetahuan tentang OS tersebut.

TeamViewer juga menyediakan versi portable sehingga bisa dibawa kemana-mana dalam flashdisk dan me-remote komputer lain yang juga terinstall TeamViewer. Jangan khawatir, tidak sembarang orang bisa mengakses komputer anda karena untuk bisa terhubung dibutuhkan ID dan password yang akan terus berubah tiap TeamViewer dijalankan. Jika untuk komputer pribadi anda juga dapat menambahkan personal password yang bisa digunakan untuk direct authentication.

Aplikasi yang sangat cocok untuk support jarak jauh, meeting, chat, VoIP, Video Call & Presentation. Well then, have a nice try…🙂

Source:

http://www.teamviewer.com

http://en.wikipedia.org/wiki/TeamViewer

Leave a Reply

