Latihan Mengetik 10 Jari dengan Game Typershark dan Tuxtype

Screenshot from 2014-11-30 21:43:45

My Typing Skill

Banyak orang mengabaikan teknik dan kemampuan mengetik. Padahal ilmu ini merupakan dasar yang penting dan akan sangat berguna jika dikuasai.

Kelebihan dari menguasai kemampuan mengetik antara lain:

1. Dengan 10 jari dapat mempercepat proses pengetikan.

2. Dari segi medis bisa mengurangi kemungkinan terjadinya arthritis pada ruas-ruas jari atau gangguan pada syaraf tepi misalnya penyakit carpal tunnel syndrome, peripheral neuropathy,  bahkan hingga penyakit seperti parkinson. Dengan belajar mengetik 10 jari kita juga melatih otak kita untuk bekerja lebih optimal dan efisien, di samping itu akan tercipta koneksi antar sel neuron yang baru yang bisa meningkatkan berbagai fungsi otak lainnya dan mencegah terjadinya alzheimer maupun dementia dini.

3. Menjadi lebih santai dan mencegah kelelahan. Karena dapat meletakkan basis pergelangan telapak tangan tanpa perlu mengangkatnya saat berpindah dari satu tombol ke tombol lainnya. Memenuhi persyaratan ergonomis dari standar kesehatan kerja.

4. Bisa mengetik sambil nonton TV, memejamkan mata, menatap terus ke monitor atau melihat ke bahan ketikan tanpa perlu melototin keyboard.😛 Bahkan yang lebih praktis saat mati lampu pun dapat tetap mengetik dengan lancar jaya.

5. Memenuhi syarat standar pekerjaan tertentu yang membutuhkan typing skill dengan WPM, CPM, PPM dan Accuracy yang ditetapkan.

Di negara-negara tertentu bahkan mengetik menjadi salah satu materi kurikulum dan sudah diajarkan sedini mungkin. Malu donk kalau anak kecil saja mahir mengetik tapi kita masih terbata-bata🙂

Ada banyak situs belajar mengetik secara online. Tapi kita harus terus tersambung ke internet untuk mengecek hasilnya. Untungnya ada game yang bisa diandalkan, Typershark di Windows dan Tuxtype di Linux.

Typershark

Game mengetik terbaik, IMHO, yang pernah saya mainkan. Ada unsur tantangan dan ketegangannya. Game ini memiliki 3 versi mode: abyss, adventure dan typing tutor. Mode abyss ini tampak seorang penyelam harus menyelam ke dasar laut dalam dan semakin turun ke bawah serangan ikan hiu makin ganas. Kalau mode adventure kita akan mengelilingi suatu map dengan rute tertentu di mana di jalur-jalur tersebut ada jenis-jenis ikan yang berbeda karakternya dan siap merobek-robek serta menelan si penyelam.

typersharkMode abyss dan mode adventure sama-sama menegangkan. Oh iya, pasti pada bertanya-tanya di mana belajar ngetiknya. Nah di badan ikan-ikan hiu dan jenis lain ini ada huruf yang harus kita ketik untuk membunuh ikan-ikannya. Ada jenis ikan yang hurufnya harus diketik sampai 2 hingga 3 lapis kata baru ikannya mati. Ada juga yang harus diketik dulu untuk memperlambat gerakannya baru dibunuh ikannya.

typershark2Tapi yang terbaik dari game ini adalah mode typing skill. Di sini saya pribadi merasakan yang awalnya kecepatan rata-rata typing skill saya cuma sekitaran 20WPM dengan akurasi <95%, sekarang sudah bisa bertahan di kisaran 55WPM dengan akurasi 97-99%. (Adik saya bahkan sudah mencapai di kisaran 80WPM dengan akurasi 97%). Di mode ini kita diajarkan untuk melemaskan jari-jari tangan kita, menempatkan jari-jari tangan pada posisi yang benar, hingga kita paham jari tangan mana yang bertanggung jawab terhadap bagian tuts keyboard yang mana.

Screenshot from 2015-01-25 13_59_03Tuxtype

Di sisi lain, linux juga memiliki game serupa yang dapat diandalkan. Kalau typershark memaksa kita cepat dengan ketegangan, maka tuxtype akan mengajarkan kita pada akurasi yang menjadi fokusnya. Karena kita akan melihat aksi si penguin lucu maskot linux (tux) berlarian mengejar ikan yang berjatuhan setelah kita ketik. Nah kalau di tuxtype ini ada beberapa mode juga antara lain fish cascade, comet zap dan lessons.

tux_menuMode fish cascade akan menyuguhkan aksi ikan berjatuhan dari langit yang harus ditangkap oleh tux. Kalau kita gagal mengetiknya, maka ikan akan jatuh ke tanah dan si tux akan menjadi bingung dan sedih. Mode comet zap, si tux akan mengendarai pesawat dan latar belakang gambar seperti berada di antariksa, tux bertanggung jawab untuk menembaki asteroid yang akan menabrak pesawat dengan laser.

tuxtypingNamun menurut pandangan subjektif saya, untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi sekaligus menilainya, typershark lebih unggul karena di typing tutornya biasanya berupa cerita hingga beberapa halaman. Sementara untuk di tuxtype untuk typing tutornya dipotong hingga per kalimat. Jadi penilaian WPM, CPM dan accuracy langsung muncul per baris. Kelebihan lain dari typershark ada beberapa jenis latihan yang mengajarkan kita mengetik simbol, melatih ketahanan (endurance) dan juga kecermatan. Ini yang ga saya dapatkan di tuxtype.

Captura_de_tela-Tux Typing-12Tuxtype pun ga mau kalah, ada fitur yang dimilikinya namun tidak dimiliki typershark antara lain pemilihan bahasa dan mode edit input teks. Tuxtype menyediakan latihan mengetik dalam banyak pilihan bahasa, sampai puluhan, hingga bahasa-bahasa yang tak lazim saya dengar. Kemudian mode edit input itu mengijinkan kita untuk memasukkan sendiri apa saja yang mau diketik pada typing tutor. Misal kalau anda iseng, masukkan saja seluruh baris kalimat di sebuah novel Harry Potter. Bisa kapalan itu jari tangan.😛

Tapi di samping itu semua masih ada lagi faktor yang mempengaruhi kecepatan dan akurasi mengetik, misal jenis keyboard. Untuk keyboard terbaik nominasi terbaik di internet banyak yang pro pada keyboard thinkpadnya IBM atau Lenovo, kemudian disusul oleh keyboardnya Macbook Apple.

Di bawah juga saya sertakan link download typershark dan tuxtype. Untuk typershark versi trial, versi crack freeware banyak tersedia di torrent, silakan cari sendiri. Selamat latihan mengetik.. .!!!

Source:

http://www.cnet.com/pictures/the-best-and-worst-laptop-keyboards/3/

http://www.mikefook.com/writer-technology/the-ultimate-writers-notebook-computer-lenovos-thinkpad-x1/

http://writers-laptop-keyboard.reviews.r-tt.com/

http://www.zdnet.com/pictures/review-thinkpad-x1-carbon-best-one-ever/

http://www.theguardian.com/technology/askjack/2014/may/09/which-thinkpad-laptops-have-the-best-keyboards

http://www.typingadventure.com/index.php?mod=game

http://www.gamehouse.com/download-games/typer-shark-deluxe

http://tux4kids.alioth.debian.org/tuxtype/download.php

 

2 comments on “Latihan Mengetik 10 Jari dengan Game Typershark dan Tuxtype

  1. gumuruhsspj says:

    kebanyakan menggunakan text latin… apa mungkin kita ubah menjadi bahasa lain? sesuai keyboard layout yang kita inginkan misalnya… arabic gt?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s