[Command-Fu] Menyaring Informasi Penting Dari Sebuah File

…Information is power…. Penggalan frase dari kutipan Robin Morgan tersebut memang memiliki makna yang sangat dalam. Informasi memegang peranan penting di semua lini aktivitas kehidupan manusia. Dengan catatan informasi tersebut dapat digunakan dan diaplikasikan.

Zaman sekarang, mencari informasi bukan lah hal yang sulit lagi. Semua orang bisa mendapatkan informasi secara instan dari search engine seperti yahoo, google, duckduckgo dll. Tapi tahukah kalian bahwa tidak semua informasi yang ada di search engine itu valid? 🙂 Kita berada di dalam era big data, di mana informasi yang bertebaran bisa jadi memang gold atau hanya sekedar rubbish. Seperti di tulisan saya Buta Huruf Era Millenium III, semua orang bisa mengakses google, tapi tidak semua orang memahami metode google hacking atau google dork untuk mendapatkan info yang valid.

Itu tadi informasi di internet. Bagaimana jika kita ingin mencari informasi di dalam sebuah file? Katakanlah ada seorang pemuda jomblo bernama Otong. Otong membuat kumpulan cerpen yang dibalut dengan puisi dan syair-syair maut yang sebenarnya dia buat hanya untuk menaklukkan hati gadis pujaannya, sebut saja Onit. Tanpa Otong sadari, tulisan yang ia buat sudah mencapai 1337 halaman. Di tengah jalan, Otong teringat bahwa Onit suka dengan beberapa kata tertentu. Otong ingin memastikan apakah ia sudah mencantumkan kata ‘realita’, ‘bidadari surga’ dan ‘pelita penerang jiwa’ untuk di-crosscheck ulang. Apakah Otong harus membaca seluruh tulisannya? Padahal di saat yang sama, ada laki-laki lain bernama Ivan — yang lebih senang dipanggil dengan sebutan Ayas, panggilan masa kecilnya — sedang menyiapkan karangan bunga untuk nembak Onit.

Solusi untuk kasus Otong di atas adalah grep. Sebuah command unix yang merupakan kependekan dari Global Regular Expression Print. Perintah yang sederhana, cepat, ringan dan powerful. Yang hanya memiliki pola sebagai berikut:

grep pattern filename

Ilustrasi serupa dari kasus Otong dan pola perintah grep ada di gambar berikut. Saya punya file berjudul fiesta.txt dan ingin mencari apakah terdapat kata hack di dalamnya.

Screenshot from 2015-06-19 20:45:40Syntax yang digunakan pada command di atas adalah –color untuk menampilkan output dengan warna, -y untuk menampilkan output tidak memandang besar kecilnya huruf, dan -n untuk memunculkan pada baris ke berapa output itu terletak. Voilà, so simple, isn’t it? 😀

Untuk kata pencarian jika hanya satu kata bisa menggunakan tanda kutip (single quotes) ‘…’ maupun tidak, contohnya realita. Untuk yang lebih dari satu kata wajib menggunakan single quotes, contohnya bidadari surga atau pelita penerang jiwa.

Grep juga bisa dikombinasikan dengan perintah lain sebagai filter dengan pola sebagai berikut

othercommand | grep

Screenshot from 2015-06-19 22:06:04Masih banyak contoh penggunaan grep yang memang belum saya jabarkan. Mungkin di lain kesempatan atau bisa langsung cek di source yang ada di bawah. Pesan moralnya: informasi hanya akan menjadi kekuatan jika berada pada orang, tempat dan waktu yang benar. Janganlah suka menyembunyikan informasi, karena informasi atau ilmu pengetahuan yang dibagikan merupakan salah satu amalan yang tidak akan terputus bahkan ketika manusia itu sudah meninggal dunia. Selamat berbagi!!!

Knowledge is power. Information is power. The secreting or hoarding of knowledge or information may be an act of tyranny camouflaged as humility. ~ Robin Morgan

Sources:

LeBlond, Geoffrey T. Blust, Sheila R. et al. 1990. Using UNIX System V Release 3. Berkeley: Osborne/McGraw-Hill.

http://www.thegeekstuff.com/2009/03/15-practical-unix-grep-command-examples/

http://www.cyberciti.biz/faq/howto-use-grep-command-in-linux-unix/

http://www.tecmint.com/12-practical-examples-of-linux-grep-command/

http://tldp.org/LDP/Bash-Beginners-Guide/html/sect_04_02.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s