[Medical Issue] Bahaya Meniup Minuman/Makanan Panas

Kesannya sepele dan mungkin sekedar isu lama. Tapi ternyata ada penjelasan ilmiahnya. And do you know what the medical explanation about it?๐Ÿ™‚

woman-blowing-hot-chocolate-13765217

Courtesy of dreamstime.com

Ada reaksi kimia yang terjadi saat kita meniup minuman/makanan yang panas. Seperti yang kita ketahui, uap panas dari minuman/makanan tersebut mengandung komposisi air yang dalam kimia dikenal dengan senyawa H2O. Saat meniup atau menghembuskan nafas udara yang dikeluarkan adalah karbondioksida, CO2. Maka ketika kita meniup minuman/makanan panas akan terjadi pencampuran kedua hal tersebut menjadi asam karbonat yang dalam reaksi kimia bisa dituliskan sebagai berikut:

H2O + CO2 ==> H2CO3

Sampai pada persamaan di atas belum timbul bahaya. Asam karbonat akan terhirup dan masuk ke dalam saluran pernapasan. Sampai ke bagian alveoli paru-paru. Kemudian diedarkan lewat aliran darah. Bagian pentingnya dimulai dari sini.

Berbicara tentang darah, ternyata darah harus menjaga kadar keasamannya agar tidak merusak organ-organ target dan menyebabkan disfungsi sistem organ vital pada tubuh manusia. Dan hal ini sangat vital terhadap kelangsungan hidup. Seperti yang kita ketahui di pelajaran kimia zaman SMA bahwa pH netral adalah 7.0 Kurang dari itu bersifat asam, lebih dari itu bersifat basa. Sedikit berbeda pada darah pH normal darah di kisaran 7.35 – 7.45. Akan sangat fatal jika pH darah ngedrop di bawah 7.2 atau meroket di atas 7.6. Kondisi ini dapat menyebabkan otak berhenti berfungsi secara normal dengan seketika.

Dalam istilah medis atau kedokteran dikenal istilah asidosis dan alkalosis. Asidosis adalah keadaan menjadi bersifat asam. Alkalosis adalah keadaan menjadi bersifat basa. Untuk menjaga kadar keasaman di dalam tubuh ini ada tiga hal yang memegang peranan penting: paru-paru, darah dan ginjal.

Kembali ke ilustrasi di atas, setelah asam karbonat masuk ke dalam darah maka darah sebagai buffer akan menentukan kadar keasaman dengan memecahkan asam karbonat tadi menjadi komponen asam dan komponen basa (bikarbonat ion) yang jika ditulis di dalam persamaan kimia sebagai berikut:

H2CO3 ==> H+ + HCO3-

Namun asam karbonat tadi juga dapat terurai sesuai dengan pembentuk awalnya. Dan jika persamaan kimia pertama dan kedua di atas digabungkan akan jadi seperti berikut:

H2O + CO2 <== H2CO3 ==> H+ + HCO3-

acid-baseSampai pada persamaan ketiga di atas, maka darah akan mengubek-ubek asam karbonat dengan reaksi katalisasi yang simultan untuk mempertahankan pHnya dengan bantuan enzim Carbonic Anhydrase. Fungsi enzim ini adalah membolak-balikkan proses CO2 dan HCO3- sehingga keseimbangan asam-basa (kadar pH) dalam darah dan jaringanย  bisa dipertahankan, selain itu juga untuk mengeluarkan CO2 yang berlebih dari tubuh. Tapi itu akan percuma jika kadar CO2 yang masuk ke dalam tubuh berlebihan baik berupa murni karbon dioksida atau sudah menjadi asam karbonat.

Sebelum saya membahas bahaya sesuai judul di atas, tadi saya sebutkan selain darah sebagai buffer, paru-paru dan ginjal juga memegang peranan penting. Kelebihan CO2 yang masuk melalui paru-paru akan menjadi asidosis respiratorik. Sementara kekurangan regulasi HCO3- oleh ginjal akan menjadi asidosis metabolik. Logikanya asam dikeluarkan dari saluran nafas (ekshalasi karbondioksida) dan saluran kemih (ekskresi urin).

Bahaya meniup minuman/makanan panas yakni menyebabkan kadar asam di dalam tubuh menjadi berlebih –> asidosis. Pada kasus meniup ini lebih spesifik ke asidosis respiratorik yang bisa berlanjut ke asidosis metabolik. Gejala awal: nafas jadi cepat dan dalam, sakit kepala, perasaan cemas, sesak, pandangan kabur. Jika dibiarkan akan berlanjut menjadi rasa ngantuk berlebihan, gemetar (tremor), penurunan kesadaran (delirium, comma), hingga kematian.

symptoms_acidosis

Courtesy of Wikipedia

Dari beberapa penelitian lain yang masih diperdebatkan evidence-basednya menyebutkan meniup minuman/makanan panas bisa mengakibatkan terjadinya kanker saluran cerna. Mekanismenya begini, di dalam saluran cerna manusia terdapat bakteri baik Helicobacter pylori yang membantu proses cerna, melawan penyakit tertentu dan membantu proses interaksi dinamis prebiotik dan probiotik ( perbedaan antibiotik, prebiotik dan probiotik bisa lihat di sini. ) Saat meniup maka bakteri tadi ikut keluar. Segera setelah keluar maka terjadi proses enkapsulasi pada dinding bakteri tersebut, akibat hawa panas, yang mengubahnya menjadi bakteri jahat. Bakteri yang termakan kembali mengeluarkan Urease Enzyme. yang lama kelamaan bisa menyebabkan terjadinya ulkus peptikum, batu ginjal, hepatic comma, dan juga kanker. Selain itu juga dapat mengakibatkan produksi insulin dalam pankreas menurun. Kalau sudah insulin tubuh menurun, otomatis gula darah akan meningkat.๐Ÿ˜€

Dan yang lebih menarik lagi, ketika saya nonton serial Para Pencari Tuhan jilid 9 ada pembahasan seputar ini. Di situ dijelaskan bahwa Rasullah SAW melarang meniup minuman/makanan panas karena dapat menghilangkan berkah dan mendatangkan penyakit. Setelah saya telusuri di sumber ini ternyata memang ada haditsnya sebagai berikut:

Do not blow on hot food in order to cool it and do not breathe on what you are drinking.

ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽู†ู’ููุฎู ูููŠ ุทูŽุนูŽุงู…ู ูˆูŽู„ูŽุง ุดูŽุฑูŽุงุจู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽุชูŽู†ูŽูู‘ูŽุณู ูููŠ ุงู„ู’ุฅูู†ูŽุงุกู

From Ibn Abbas who said: The Prophet (sas) never blew on his food nor breathed in his glass.

Jadi jika kamu memang terburu-buru minum minuman panas diaduk saja. Atau dituang ke atas lepek, piring, or whatever it is๐Ÿ˜› Ada beberapa cara, seperti di link berikut How to cool a hot drink quickly Cuma anjuran yang ditiup silakan diabaikan.

670px-Cool-a-Hot-Drink-Quickly-Step-12Pesan moralnya: Ternyata ini memang sekedar isu lama, bahkan sudah ada tuntunannya sejak zaman nabi. Tuntunan kehidupan yang katakanlah sepele ini ternyata memiliki implikasi yang amat besar dalam kesehatan. Sekaligus membuktikan bahwa ilmu pengetahuan yang bermanfaat tidak akan pernah lekang oleh zaman.๐Ÿ˜€

Selamat menikmati hidangan panas…

Source:

https://id.wikipedia.org/wiki/PH

https://labtestsonline.org/understanding/conditions/acidosis/

http://www.healthline.com/health/respiratory-acidosis#Overview1

http://www.healthline.com/health/respiratory-alkalosis#Overview1

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/001181.htm

https://en.wikipedia.org/wiki/Urease

https://en.wikipedia.org/wiki/Carbonic_anhydrase

http://www.java-man.com/pages/Minhaj/Eating.html

http://www.islamweb.net/emainpage/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=265690

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s