Mendadak Amnesia & Menjelajah Darknet dengan TAILS

Privacy-Tails-OS-DownloadOperating System (OS) itu diciptakan untuk memudahkan manusia. Bagi orang yang simple dan praktis plus ga mau repot seperti saya, kemana-mana malas ‘nenteng’ laptop berat-berat. Saya selalu membawa flashdisk berisi linux persistence usb mulai dari pentoo, backtrack, hingga kali linux. Dan tiba-tiba hari ini saya amnesia  dan menggunakan TAILS.

Kalau ditanya, sebenarnya saya itu pengguna OS apaan sih? Jawabannya ya semua yang tersedia dan ada. Di notebook (metode UEFI) terinstall Windows 8.1, Linux Mint 17.1, Fedora 20, OpenSUSE 13.1, dan freeBSD 10.2. Sementara di netbook (metode BIOS) terinstall Windows 7 Ultimate, Linux Mint 14 dan Android x-86. Di flashdisk (persistent) selalu terinstall backtrack atau kali linux.

Lucu aja sih kalau ada yang berantem di forum-forum hanya memperdebatkan mana OS yang terbaik. Sampai-sampai ada yang berantem bahwa hacking atau pentesting harus dari distro pentesting. Oh yeah…😛 Padahal prinsipnya kan hacking harus bisa dilakukan dengan OS apapun dari mesin manapun.

Kembali ke TAILS, The Amnesic Incognito Live System, merupakan distro linux turunan dari debian yang berfokus pada security, privacy dan anonimity. Berbicara tentang security, memang sampai saat ini OS yang diclaim di seluruh dunia paling aman masih openBSD yang hanya memiliki 2 celah keamanan hingga saat ini. Berbeda dengan openBSD, TAILS lebih fokus pada live system.

Live system memiliki artian tinggal colok, plug and play. Atau tinggal masukkan ke dvd-rom, booting initiated. Tadinya saya mikir, buat apa kalau cuma live system, dan akhirnya pas nemu di bagian dokumentasi bahwa distro TAILS ini juga bisa persistence, baru saya tertarik.

Kelebihan TAILS:

  1. Semua Koneksi dipaksa melewati service TOR
  2. Tidak meninggalkan jejak (Digital Footprint) pada mesin kecuali diperintahkan serupa
  3. Dengan TOR Browser, gampang menyelami darknet
  4. Fitur enkripsi luks pada file persistence
  5. Dapat melewati blokir internet positif
  6. Dapat booting dengan metode BIOS maupun UEFI
  7. Dapat menyerupai tampilan windows 8 (gokil😛 )

Semua orang pasti sudah familiar dengan istilah Internet dan Surface WEBnya. Pada Darknet, ada Deep WEB dan Dark WEB. Jika kita membandingkan internet dan darknet, maka sama dengan seperti ketika kita melihat gunung es di laut (Iceberg Phenomenon). Di bagian permukaan yang tampak adalah internet, dan jauh lebih ke dasar dan luas adalah area darknet.

Pertanyaan tambahan, Ngapain sih orang macam saya yang ga ada hubungan kerjaan dengan dunia IT, security analist bukan, penetration tester juga bukan, repot-repot masuk ke darknet? Jawabannya cuma dua, sebagai IT enthusiast saya penasaran dan satu lagi saya pengen cari jurnal medis yang gampang ditemukan di darknet😛 Boleh donk dokter juga melek IT…😀

Untuk menginstal TAILS cuma butuh DVD, FD atau SD card. Dengan RAM cukup sebesar 2GB. Dan mesin yang kompatibel dengan x86. Sangat ringan. Bahkan untuk persistence cukup dibutuhkan FD sebesar 4GB, beda dengan backtrack yang butuh minimal 8GB dan kali linux minimal 16GB. Ini saja saya pasang di FD gratisan hadiah seminar kedokteran yang bentuknya macam kartu (baca: FD murahan). Kidding… Nah kalau yang sandisk putih 32 GB itu kali linux persistence. Yang biru? Windows 8.1😛

IMG_1641

Memang sih kalau penampakan TAILS ga neko-neko macam parrot OS atau Cyborg dll. Tapi buat apa distro yang ditujukan untuk pentesting masih ngurusin GUI alias tampilan grafis yang slebor dan menor😛 Sekedarnya penampakan tails seperti ini.

12017492_10153596389197380_5437749236607972408_o

Download e-book Kedokteran di darknet

Download e-book Kedokteran di darknet

Dan jangan khawatir, karena basisnya debian, maka semua aplikasi yang jalan di debian, ubuntu, linux mint, hingga kali linux bisa diinstal ke TAILS ini. Sebagai tambahan pada live system sudah include GIMP, Inkscape, Libre Office, scribus, pidgin, multimedia player dll.

TAILS sebenarnya sudah ada sejak tahun 2009, tapi baru terkenal sejak Edward Snowden meretas dan membocorkan informasi dari NSA tempat ia dulu bekerja di tahun 2013. Langsung aja ke TKP kalau mau tau lebih lanjut.

Untuk dokumentasi bisa ke situs resminya TAILS di sini. Atau bisa juga cek di distrowatch.

Selamat mencoba dan menjelajah dunia maya… Tulisan ini mungkin akan diupdate setelah saya uji coba si TAILS ini…

Source:

https://en.wikipedia.org/wiki/Tails_%28operating_system%29

https://en.wikipedia.org/wiki/Edward_Snowden

https://en.wikipedia.org/wiki/Vidalia_%28software%29

http://distrowatch.com/table.php?distribution=tails

https://tails.boum.org/

4 comments on “Mendadak Amnesia & Menjelajah Darknet dengan TAILS

  1. K4RM4 says:

    sumpah pertamanya penasaran sama TAILS yg dimaksud, ehh trnyata ujung2nya masuknya pake TOR :v anjirr ketipu gw sama judul…

  2. Bayu Dwi H says:

    Mau nanya nih bro…
    Ada tutorialnya ga bro? kalo ada bagi dong…msh bingung pakainya nih.
    Untuk tiap login harus buat “Password for root” agar bisa masuk administratornya ya? Bisa ga di install skype yang permanent gitu?
    Thanks bro….

    • password utk root itu harus dimasukkan kalau ada aktivitas yang membutuhkan hak akses admin. password buat root ga tetap jadi bebas aja isi sembarang, tujuannya supaya ga bisa diakses orang lain dengan berganti-ganti pw sekali pakai. Instal skype permanent bisa kok… tutorial utk instal aplikasi permanent sudah ada di situs officialnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s