NFC, sebuah fitur yang terlupakan!

Tahukah kamu apa itu NFC? Yah, saya yakin masih banyak yang belum tahu itu apa. NFC, kependekan dari Near Field Communication adalah sebuah fitur komunikasi atau transfer data yang terdapat pada beberapa jenis perangkat termasuk smartphone yang dirilis sejak tiga tahun belakangan.

Sesuai dengan namanya, jarak yang bisa dicover oleh NFC adalah sekitar 5 cm. Biasanya fitur ini dapat digunakan dengan cara menempelkan atau mendekatkan bagian yang memiliki perangkat NFC. NFC ini mengingatkan kita pada masa handphone masih menggunakan infra red, namun NFC berbeda dengan infra red. NFC juga bukan bluetooth maupun wifi. Penciptaan NFC terinspirasi dari Radio Frequency Identification (RFID), namun NFC bukan pula RFID. NFC bekerja dengan menggunakan metode gelombang elektromagnetik.

Setiap metode transfer data selalu memiliki kelebihan maupun kekurangan.

Bluetooth memiliki jangkauan hingga 10 meter. Wifi memiliki jangkauan hingga >100 meter tergantung dari jenisnya apakah a/b/g/n/ac dll. Infrared memiliki jangkauan yang kurang lebih sama dengan NFC. Karena jarak jangkauannya dekat, NFC lebih aman dalam transfer data. Bluetooth dan Wifi memiliki resiko diretas / dihack saat datanya mengudara. NFC lebih hemat konsumsi daya jika dibandingkan dengan bluetooth, bahkan bluetooth 4.0 sekalipun.

NFC tidak membutuhkan pairing seperti di bluetooth, tidak membutuhkan authentication dan threeway handshake seperti di wifi, dan tidak harus dalam posisi tegak lurus, steady tanpa goyang seperti pada infrared.

NFC saling terkoneksi hanya dengan komunikasi satu arah. Satu perangkat aktif mentransfer data, satu perangkat pasif menerima data. Dan NFC memiliki tiga mode transfer data:

  1. Card Emulation –> memungkinkan perangkat seperti smartphone masuk ke dalam infrastruktur tertentu dan bekerja seperti kartu akses yang memungkinkan untuk transaksi pembayaran maupun ticketing
  2. Tag Reader/ Writer –> dapat membaca informasi pada chip atau label yang ditanam pada suatu objek. Coba tes saja aktifkan NFC dan dekatkan ke e-KTP untuk mengetahui masih aktif atau tidak dan mengecek data di dalamnya. e-KTP yang rusak tidak terbaca lagi oleh NFC😀
  3. Peer to Peer –> pertukaran data antar perangkat dengan metode ad-hoc. Saya pernah mengkoneksikan NFC pada smartphone Sony dan Samsung untuk bertukar daftar kontak, alamat situs web, kirim file seperti musik, video dll.

Video di bawah berikut menjelaskan bagaimana kita dapat memanfaatkan fitur NFC bagi yang belum pernah menggunakannya. Selamat mencoba…!!!😀

Sources:

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s