IOT: Pengalaman Melaporkan & “Refund” Kasus Penipuan di eBay

Belanja Online sekarang merupakan hal yang biasa di zaman Internet of Things. Dengan belanja online tidak ada lagi batasan ruang maupun waktu. Kita bisa berbelanja dari sudut manapun di belahan bumi ini selama 24/7. Yang paling ditakutkan dari belanja online adalah kasus penipuan seperti penggelapan dana transaksi, barang yang dibeli tidak sesuai dengan deskripsi penjual (re: palsu, imitasi, counterfeit, non-ORI) hingga kasus pembobolan kartu kredit oleh para carder.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman sesuai dengan judul. Situs belanja eBay merupakan situs jual beli online yang menarik karena merupakan yang terbesar di dunia, yang artinya baik pembeli maupun penjual bisa berasal dari belahan bumi yang berbeda. Yang membuat eBay makin menarik adalah adanya 3 macam metode trading di sini, langsung belanja (buy now), melakukan penawaran (make an offer) dan sistem lelang (auction). Saya penasaran dengan sistem lelang ini karena selama berbelanja online baik lokal maupun dari luar negeri, baru pertama ini saya ikut sistem lelang.

3 Juli 2016. Saya ikutan lelang dengan item micro SDXC Sandisk 128GB 80MB/s. Dan menang. photo590727014914304233Setelah nyoba 4 kali ikutan lelang dengan item yang sama baru akhirnya bisa menang. Hasil lelangnya seharga IDR243.421. Sebenarnya dari awal saya agak curiga karena penampakan barang yang dijual meragukan dan saya sudah mempelajari bahwa barang seperti micro SD yang dibeli secara online sering terjadi penipuan. Cuma saya sengaja nekat siapa tau bisa dijadikan bahan tulisan (dan ternyata kejadian😛 hahaha).

Ada beberapa alasan kenapa orang menjual barang dengan sistem lelang dan harga yang sangat murah: ingin menaikkan popularitas, ingin untung cepat, atau memang ingin melakukan penipuan.

Setelah menang lelang tersebut sebenarnya saya bisa saja tidak melakukan pembayaran. Namun kalau tidak disertai alasan yang jelas maka saya akan mendapatkan feedback / testimony negatif sebagai pembeli. Begitu dinyatakan menang item tersebut langsung saya bayar via paypal.

photo590727014914304251

4 Juli 2016. Saya cek lagi di purchase list karena belum ada tanda-tanda proses shipping dilakukan. Dan ternyata… Barangnya raib… Listing not found… Account seller sekaligus barang-barang yang dijualnya lenyap tanpa jejak…

photo590727014914304252

5 Juli 2016. Sebagai pembeli yang baik, saya melakukan konfirmasi dulu via email kepada penjual. Konfirmasi seperti ini penting sebagai bahan pertimbangan dari eBay buyer’s protection bahwa kita melakukan komunikasi aktif dengan penjual.

photo590727014914304257

Karena tak kunjung mendapat balasan akhirnya saya kontak CS eBay seperti di gambar berikut.

photo590727014914304254

Respon dari Customer Service eBay sangat cepat dan detil, semua langkah-langkah untuk refund dijelaskan dengan baik, seperti snapshot berikut.

Screenshot from 2016-07-08 23:09:08

8 Juli 2016. Di inbox email dan eBay ada notifikasi bahwa seller menghubungi CS untuk dilakukan peninjauan terhadap kasus. Pihak eBay meminta bukti shipping namun penjual tidak dapat memberikan dan akhirnya ebay memutuskan untuk menutup kasus dengan melakukan refund ke saya. Dana refund langsung dikirimkan ke paypal yang selanjutnya secara otomatis dilanjutkan ke kartu kredit. Case closed.

Screenshot from 2016-07-08 23:31:38

Tulisan ini sengaja dibuat agar jika ada yang mengalami kejadian serupa jangan panik. Tinggal kontak eBay Resolution Center. Berlaku untuk semua jenis penyedia jasa belanja online baik lokal maupun internasional, pelajari term and condition nya. Just don’t be scared and happy online shopping!!😀

source:

http://resolutioncenter.ebay.com
https://www.paypal.com/uk/webapps/mpp/paypal-safety-and-security

2 comments on “IOT: Pengalaman Melaporkan & “Refund” Kasus Penipuan di eBay

  1. Dimas says:

    makasih mas buat infonya.

Leave a Reply

