Cara Mengecek Produk Original atau Fake dengan QR/Bar Code Scanner

Sabtu kemarin pas pulang kerja saya dapat kiriman dari luar negeri berupa amplop menggunakan jasa Singapore Post dan setelah dicek ternyata berisi micro SD Sandisk 128GB 80MB/s tanpa ada keterangan pengirim. Awalnya saya senang banget like it’s just too good to be true. Baru belakangan saya sadar saya pernah menang lelang di eBay yang kasusnya sempat saya laporkan di eBay tempo hari karena mengarah ke penipuan. Ternyata barangnya tetap terkirim walaupun uangnya sudah di-refund.

edited_DSC_0556

Amplop dengan perangko senila 1,3 Dollar Singapore

13920744_10154365781282380_3788517831753685068_n

Status Barang Berupa Gift, Khas Pengiriman Free Shipping Internasional

Berikut penampakan isi amplopnya.

13920827_10154365781397380_3615021351997125168_n

Nothing to lose, saya coba menganalisa microSD tersebut. Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengecek secara offline. Khawatir kalau microSD tersebut tertanam backdoor atau script, yang kalau langsung dipasang di smartphone maka data saya bisa diambil secara otomatis. Saya mengecek melalui Linux dan Windows untuk memastikan alokasi datanya sambil mencoba menjejali isi microSD tersebut dengan banyak file untuk memastikan real capacity dan writing speed nya. Dan ternyata memang lambat, khas media penyimpanan palsu. Juga data akan ada yang hilang jika sudah melewati kapasitas yang sebenarnya.

Screenshot from 2016-08-13 14:48:14

Cek dengan fdisk di terminal linux

Screenshot from 2016-08-13 14:46:40

Cek Menggunakan Tool gparted

Screenshot from 2016-08-13 15:00:00

Percobaan Writing Speed Linux Max 21MB/s, Windows 16 MB/s. Kadang transfer stuck.

Berikut percobaan transfer data di Windows:

 

Langkah kedua saya mencoba memanfaatkan informasi pada kemasan yakni QR code dan Bar code. QR (Quick Response) code biasanya berisi informasi yang mengarahkan kita pada suatu situs tertentu. Sementara Bar code biasanya berisi informasi seputar produk yang bersangkutan. Untuk melakukan scanning ini kita bisa menggunakan aplikasi yang banyak beredar di play store maupun app store. Dari hasil scanning saya menemukan data sebagai berikut:

13912439_10154365824787380_1538631864986039026_n

Scanning pada bar code di kemasan belakang microSD

13880259_10154365825432380_3911346425975362615_n

Data produk kemasan palsu ternyata hasil copas & print dari microSD 16GB

Bahwa barang yang dikirim memang barang non ori / fake / counterfeit sesuai dengan deskripsi kode produk secara online.

Masih belum cukup puas, langkah ketiga saya menggunakan aplikasi SD Insight yang dapat kita download dari playstore. Saya membandingkan data microSD yang lama dengan microSD yang baru datang ini dan hasilnya bisa dilihat seperti pada gambar berikut. Unfortunately…

Sebelumnya saya memang sudah mencari referensi mengenai cara mengetahui microSD yang original atau fake. Ada banyak cara selain metode yang saya paparkan di sini, semua itu bisa dicek sesuai dengan referensi yang ada di bawah (source)

Nah, kembali ke judul. Sebenarnya kita bisa mengecek barang apapun melalui QR/Bar Code Scanner. Baik itu produk mainan, kosmetik, makanan, fashion, hingga barang-barang elektronik. Setiap barang akan selalu ada Bar Codenya dengan tujuan pengawasan, distribusi, informasi harga dll. Lebih beruntung lagi kalau kita menemukan produk yang juga ada QR Codenya. Intinya sebelum kita membeli suatu barang, kalau curiga ada yang salah atau ga beres dengan barang tersebut, ambil HP, buka QR/Bar Code scanner, langsung scan. Voilà, you get what you need…

Selamat mencoba…

Source:

http://www.phonearena.com/news/Beware-of-fake-microSD-cards-Heres-how-to-tell-a-counterfeit-from-the-original_id77769

http://www.happybison.com/reviews/how-to-check-and-spot-fake-micro-sd-card-8/

How to Verify Fake Micro SD Card

http://oeding.com/tutorial-how-to-spot-a-fake-memory-card/

Here’s how to spot a fake microSD card

One comment on “Cara Mengecek Produk Original atau Fake dengan QR/Bar Code Scanner

Leave a Reply

