Hidup Itu Seperti Permainan Hot Wheels Racing

Pernah main Hot Wheels? Kalau iya masa kecilmu bahagia, kalau belum kamu masih bisa memainkannya bahkan ketika sudah beranjak dewasa. Terlepas dari itu semua, ternyata die-cast mobilnya dan seperangkat jalur lintasannya memiliki nilai dan makna filosopi kehidupan.

Hot Wheels diciptakan pertama kali pada tahun 1968 oleh perusahaan mainan Mattel. Jenis mainan die-cast ini berbahan dasar logam / plastik / karet dan merupakan skala kecil dari kendaraan aslinya yang memiliki rasio 1:64, 1:43, 1:18 dan 1:50. Banyak produsen automobil yang mengeluarkan lisensinya ke Hot Wheels untuk membuat miniatur kendaraan tersebut.

Meskipun ditujukan untuk anak kecil, banyak juga orang dewasa yang memainkan hot wheels ini. Ditambah pula ada kolektor khusus yang mencari Hot Wheels Treasure Hunt atau Super Treasure Hunt yang ketersediaannya sangat terbatas. Memiliki benda kecil ini sama dengan berinvestasi. 1 unit kecil di seluruh dunia harganya di kisaran USD $2-$3. Di Indonesia Kisaran IDR 25-30K. Tapi harganya bisa melejit di kisaran 150-200K, bahkan unit tertentu bisa bernilai jutaan…

Jason Wang

Track Builder System Hot Wheels (source: mediamattel.com)

 

So, let’s take a deep look at the picture above…

Jalur lintasan hot wheels ada yang lurus, ada yang berkelok. Sama seperti kehidupan. Dalam menempuh tujuan kadang kita bisa lurus dan fokus, namun bisa saja ada penyimpangan dari tujuan. Bentuk lintasan yang lurus maupun berkelok tadi dapat mempengaruhi kecepatan kita dalam menempuh tujuan.

Kecepatan dipengaruhi oleh percepatan dan perlambatan. Akselerasi dan deselerasi. Hal-hal yang memotivasi diri kita dapat mempercepat proses penempuhan tujuan hidup, sebaliknya hal-hal yang membuat frustrasi dapat memperlambat prosesnya. Namun yang lebih penting adalah menjaga keseimbangan di antara keduanya. Terlalu cepat atau terlalu lambat tidak baik bagi kondisi fisik dan psikis. Life is all about balance.

Yang tak kalah menarik adalah sistem mekanika yang terdapat pada lintasan. Secara etimologi, mekanika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gerakan suatu benda serta efek gaya dalam gerakan itu. Mekanika tebagi menjadi dua yakni mekanika klasik dan mekanika kuantum, yang terdiri lagi dari sub divisi keilmuan. Dari permainan ini saja bisa kita ambil pelajaran dari sub divisi mekanika klasik: kinematika, relativitas dan mekanika kontinuum.

Coba kita tengok lagi pelajaran fisika SMP…

  1. Kinematika. Berdasarkan teori, Kecepatan adalah jarak tempuh terhadap waktu.{\displaystyle \mathbf {v} ={\mathrm {d} \mathbf {r}  \over \mathrm {d} t}\,\!}Jika dalam waktu 1 jam kita dapat menempuh jarak 60Km, maka kecepatan kita adalah 60kph. Ini adalah nilai rata-rata. Kecepatan asli sebenarnya fluktuatif, dipengaruhi oleh percepatan dan perlambatan. Percepatan menunjukkan perubahan kecepatan tiap waktu: entah besarannya, arahnya, atau keduanya. Jika besaran kecepatan v berkurang, maka disebut sebagai perlambatan

    {\displaystyle \mathbf {a} ={\mathrm {d} \mathbf {v}  \over \mathrm {d} t}={\mathrm {d^{2}} \mathbf {r}  \over \mathrm {d} t^{2}}.}

    Bisa jadi di satu waktu kecepatannya 100kph dan di waktu lainnya 5kph. Model teori di atas berlaku pada permainan balap Hot Wheels. Jika melewati jalur lengkung akan melambat, dan jika melewati power booster atau kick launcher akan bertambah cepat. Sama halnya dengan hidup, ada kalanya kita berpacu dengan waktu, ada kalanya kita melambat bahkan stagnan. Dan tidak jarang kita butuh dipaksa atau ditendang agar mau bergerak 😛

  2. Relativitas. Saya coba buat analogi seperti berikut di bawah. Sebuah mobil melaju ke arah timur dengan kecepatan 60kph. Sebuah sepeda motor melaju ke arah timur dengan kecepatan 50kph. Dua orang pejalan kaki sedang diam di pinggir jalan.

    Ilustrasi RelativitasBerdasarkan pengamatan pejalan kaki: mobil melaju ke timur 60kph, motor 50kph. Berdasarkan pengamatan dari motor: mobil melaju ke timur dengan kecepatan 10kph. Berdasarkan pengamatan dari mobil: motor melaju ke barat dengan kecepatan 10kph. Hampir semua hal yang kita temui dalam hidup bersifat relatif. Like a wisdom says in life, “everything is relative, nothing is absolute”.

  3. Mekanika Kontinuum. Lintasan hot wheels dirancang khusus oleh perusahaan mattel agar dapat dilekukkan dan dikembalikan pada kontur awalnya. Material dipilih agar benar-benar  mendekati sesuai dengan teori mekanika zat padat, elastisitas dan plastisitas. DSC_0878Elastisitas menjelaskan material yang kembali ke bentuk awal setelah diberi tegangan. Plastisitas menjelaskan material yang secara permanen terdeformasi setelah diberi tegangan dengan besar tertentu. Di mana rumus paling ideal untuk elastisitas linear adalah sebagai berikut:
      {\displaystyle F=-kx,}F: gaya,  k: konstanta pegas, dan x: perpindahan linear.Hidup itu seperti lintasan hot wheels, ada yang lentur, ada yang keras. Ada masa mudah, ada pula masa sulit.

Bagian lain yang dapat kita amati pada lintasan adalah loop. Hidup selalu berputar, kadang kita di atas, kadang kita di bawah. Dan terlepas dari itu semua, ternyata unit mobil hot wheels ada yang bisa melaju hingga finish line, ada juga yang gagal. Karena setiap design mobil memiliki rancangan yang berbeda dari segi bentuk dan material. Begitu juga dalam hidup, kesuksesan dan kegagalan, kebahagiaan maupun kesedihan adalah hasil dari rancangan hidup yang kita buat.

 

Karena bahagia itu sederhana, hidup dan bermainlah seperti anak kecil… Just play the game and continue your life…

DSC_0905a

Source:

https://en.wikipedia.org/wiki/Mechanics

https://en.wikipedia.org/wiki/Classical_mechanics

https://id.wikipedia.org/wiki/Mekanika_kontinuum

http://www.thinkers.net/forum/showthread.php?p=20559

media.mattel.com/root/Images/MainImage/bht76_hot_wheels_track_builder_system_mega_set_xxx_2.jpg

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s