Badak


Badak adalah mamalia besar dengan satu atau dua cula yang menancap di atas moncongnya. Badak berkerabat dengan kuda. Binatang ini mempunyai pendengaran dan penciuman yang tajam, tetapi penglihatannya kurang baik Badak bertubuh besar, kulitnya sangat tebal, dan kaiknya pendek serta besar.
Ada lima jenis badak. Yang dua hidup di Afrika sedangkan yang tiga jenis lagi terdapat di daerah AsiaTenggara. Badak Afrika bercula dua buah. Cula di sebelah depan besar, digunakan untuk menggali belukar dan pohon-pohon kecil atau sebagai senjata. Badak putih Afrika biasanya panjangnya berkisar 4,6 m dan beratnya 3,2 ton. Culanya yang panjang dapat mencapai 1,5 meter. Dulu badak banyak diburu untuk diambil culanya, sekarang binatang ini dilindungi oleh undang-undang. Jenis badak Asia tubuhnya lebih kecil dari badak Afrika; dua jenis di antaranya bercula satu.
Badak India diklasifikasikan sebagai Rhinoceros unicornis, badak Jawa sebagai Rhinoceros sondaicus, dan badak Sumatera sebagai Dicerorhinus sumatrensis. Badak hitam Afrika diklasifikasikan sebagai , dan badak putih Afrika sebagai Ceratotherium simum
Rhinoceros Unicornis rhinoceros sondaicus dicerorhinos sumatrensis diceros bicornis cerathorium simum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s