Bison


Bison adalah mamalia yang besar dan liar. Kepalanya besar dan mempunyai punuk yang besar di punggungnya. Rambutnya yang berwarna cokelat tua panjang lagi kasar. Dagunya berjenggot. Bison hidup di Eropa dan Amerika Serikat. Di Amerika Serikat, bison disebut ”buffalo”. Makanan khas bison adalah rumput.

Dulu bison hidup bergerombol di bagian barat Kanada dan Amerika Serikat. Waktu ada sekitar 50 juta bison yang hidup. Orang Indian berburu bison untuk dimakan. Bagian-bagian tubuh bison mereka gunakan juga untuk pakaian, kemah, perkakas, perekat, dan bahan bakar.

Tahun 1800-an orang kulit putih pindah ke Barat. Pemburu kulit putih membunuh demikian banyak bison sehingga binatang itu hampir punah. Sekitar tahun 1900 hanya tinggal beberapa ratus saja. Beberapa orang dan kebun binatang mencoba meningkatkan kembali jumlah bison. Sekarang kebanyakan bison hidup di kebun binatang atau dalam kawanan yang dilindungi. Jumlahnya sekarang sudah bertambah.

Bison dataran rendah diklasifikasikan sebagai Bison bison bison, bison kayu sebagai Bison bison athabasca, dan bison Eropa sebagai Bison bonasus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s