Burung Jay Biru (Cyanocitta cristata)


Jay, adalah nama dari suatu kelompok burung. Famili ini termasuk di dalamnya burung gagak, burung raven dan burung magpie. Semua burung tersebut memiliki jambul. Di antara burung-burung tersebut, burung jay memiliki ukuran terkecil dan warna bulu yang terang. Habitat burung jay adalah daerah berpohon. Tetapi sebagian dari mereka berurbanisasi dan tinggal di taman kota. Sebagian dari mereka adalah burung penyanyi dan sering terlihat berkelompok pada saat musim kawin. Burung jay merupakan hewan omnivora, memakan buah pala, buah jati belanda, biji-bijian, amfibi kecil, serangga dan invertebrata lain, dan terkadang memakan telur dan anak burung lainnya.
blue jay
Blue Jay Image
Garrulus glandarius
Jay Eurasia Image
Ada beberapa spesies burung jay di Eurasia. Yang paling luas penyebarannya adalah burung jay Eurasia (Garrulus glandarius), yang dapat ditemukan di seluruh daerah subtropik di Eropa dan Asia. Spesiesini memiliki banyak variasi pada warna bulunya, dari abu-abu hingga cokelat, dengan torehan warna putih dan hitam pada ekornya. Dan semua Varietas itu memiliki kesamaan pada warna sayap yaitu biru dan hitam. Ukuran jenis burung jay ini, panjangnya sekitar 33 sampai 36 cm.

Sedangkan burung jay Amerika sebagian besar hidup pada daerah tropis. Dari Meksiko ke selatan hingga Amerika Selatan. Di Amerika Utara, jenis burung jay yang paling terkenal adalah burung jay biru yang dapat ditemukan dari Great Palins sampai pantai Atlantik. Panjang burung jay jenis ini sekitar 30 cm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s