Kukang


Kukang adalah mamalia yang hidup di atas pohon di hutan-hutan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kukang adalah hewan yang lamban. Kaki depannya lebih panjang dari kaki belakangnya. Sebagian waktunya diluangkan untuk bergantung di atas pohon dengan kaki di bawah. Kukang tidur, mengunyah dedaunan, kawin dan bahkan melahirkan sambil bergantung terbalik.
Tanaman renik berwarna hijau, yang disebut ganggang, tumbuh pada bulu kukang. Ganggang ini memuatnya tampak kehijau-hijauan sehingga kukang sukar ditemukan di antar dedaunan.
Ada dua jenis kukang; yang berjari kaki dua buah dan yang berjari kaki tiga buah. Kukang yang berjari kaki dua buah lebih giat. Kukang makan buah-buahan, ranting dan dedaunan.. Kukang yang berjari tiga buah, ketika berada di tanah, tidak dapat menopang dirinya dengan anggota badannya. Kukang memegang benda dengan kaki depannya kemudian ditariknya badannya ke depan.
Kukang berjari kaki tiga diklasifikasikan sebagai Bradypus tridactylus, sedangkan kukang berjari kaki dua diklasifikasikan sebagai Choloepus hoffmanni.

Bradypus tridactylus image

Choloepus hoffmanni image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s