Rakun


Rakun adalah mamalia kecil yang hidup di Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan beberapa pulau di India Barat. Rakun satu keluarga dengan panda. Rakun dewasa panjangnya 61 cm hingga 107 cm termasuk ekor yang panjangnya 20 sampai 40 cm. Rakun berbulu kecokelat-cokelatan; ekornya berbulu lebat, panjang, dan bergelan-gelang hitam. Muka rakun ditandai dengan bulu hitam di sekeliling matanya sehingga tampak seperti topeng. Rakun diburu dan diambil bulunya untuk dibuat topi dan mantel.

Gigi dan cakar rakun sangat tajam sekali sehingga ia dapat menggenggam makanan atau benda lain dengan kaki depannya. Rakun pandai sekali berenang. Ia hidup di hutan-hutan dekat sungai atau danau dan sering bersarang di atas pohon. Makanan rakun terdiri dari daging dan ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, telur dan serangga. Kadang-kadang rakun mencuci dahulu apa yang dimakannya.

Spesies rakun biasa (Procyon lotor) ditemukan hampir di seluuh Amerika. setiap musim semi induk rakun biasa melahirkan 4 sampai 6 anak, dan anggota suatu keluarga rakun tinggal dan berpindah bersama-sama selama 1 tahun.

procyon lotor            procyonSpesies rakun lainnya, tersebar dari Costa Rica sampai ke selatan Amerika Selatan, yaitu rakun pemakan kepiting (Procyon cancrivorus). Spesies ini lebih panjang dari spesies lainnya, sekalipun ekornya sedikit lebih pendek; giginya lebih tebal dan kuat dan lebih pendek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s