Tukan (Toco toucan)


Burung tukan adalah burung daerah tropis berparuh besar. Ada 37 jenis burung tukan; banyak di antaranya yang hidup di hutan-hutan Amerika Tengah dan Selatan. Panjang burung itu antara 30 sampai 61 cm. Paruh dan bulunya biasanya berwarna merah, jingga, biru, kuning, dan hitam. Paruh burung tukan yang besar itu sebenarnya berongga dan ringan. Paruh itu melindungi mukanya ketika ia memetik buah-buahan.
Burung tukan hidup dalam kawanan kecil di puncak- puncak pohon. Burung tukan tampaknya bermain bersama dan mudah dijinakkan. Suara burung tukan tidak merdu. Namun, beberapa jenis di antaranya adalah peniru suara yang ulung.
Burung tukan bersarang dalam batang pohon yang berongga dan tunggul. Kadang-kadang burung tukan tinggal dalam lubang bekas burung pelatuk. Ketika tidur, burung tukan meletakkan paruhnya pada punggungnya dan menutup ekornya dengan ekornya.
Selama tiga atau empat minggu setelah ditetaskan, burung tukan muda tidak dapat membuka matanya. Beberapa minggu kemudian, barulah ia meninggalkan sarang induknya.

Leave a comment